Pelantikan Massal Puluhan Ketua RT dan RW di Desa Sukabakti Kecamatan Sodonghilir Tahap Tiga

Pelantikan Massal Puluhan Ketua RT dan RW di Desa Sukabakti Kecamatan Sodonghilir Tahap Tiga

Puluhan ketua Rukun Tetangga (RT) dan ketua Rukun Warga (RW) di Desa Sukabakti Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, mengikuti prosesi pelantikan massal di halaman kantor Desa Sukabakti.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) di Desa Sukabakti Kecamatan Sodonghilir dilantik di halaman Kantor Desa Sukabakti

Ada 23 petugas RT dan 8 petugas RW yang dilantik untuk bertugas selama lima tahun ke depan.

Kepala Desa Sukabakti, Nandang Suryana mengemukakan, pelantikan massal puluhan ketua RT termasuk RW ini merupakan gelombang ketiga. Sebelumnya, pada tahun 2020 dan 2021 telah dilakukan pelantikan yang sama terhadap puluhan ketua RT ditambah RW. 

Akan tetapi pada tahun 2022 ini, jumlah mereka yang dilantik jauh lebih banyak yakni 23 RT dari 30 RT yang ada, serta 8 RW dari 13 RW. Sehingga dilakukan pelantikan massal.

BACA JUGA:Pendaftaran PPS Pemilu 2024 Telah Dibuka, Ini Gaji Ketua PPS Per Bulannya, Link Pendaftarannya Cek di Sini  

"Jadi ini pelantikan serentak secara massal yang ketiga kalinya. Tetapi untuk jumlahnya ini yang paling banyak dilantik," katanya kepada radartasik.com, Senin 19 Desember 2022.

Pelantikan massal ini disandarkan pada Undang-undang Desa, Peraturan Menteri Desa (permendes) dan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tasikmalaya. Dimana setiap RT dan RW yang dipilih harus memiliki masa bakti. 

"Secara periodik pun dilakukan pemilihan kembali. Akan tetapi rata-rata RT-RW di beberapa desa, termasuk di Desa Sukabakti, tidak memiliki masa periode," katanya.

Berangkat dari sana, pihaknya menyampaikan sejumlah dasar hukum bahwa RT-RW yang dipilih harus memiliki masa priode. Sehingga pihaknya melakukan pemilihan dalam tiga gelombang.

BACA JUGA:Top! Sudah Resmi BBM Satu Harga di 125 Kabupaten, Sekarang Total Ada 402 Lembaga Penyalur BBM, Cek di Sini  

"Ini memberikan semangat, gairah baru. Karena dengan kepemimpinan yang tanpa priode, masyarakat tidak ada semangat baru. Nah, ini memunculkan semangat baru dalam bekerja, penyegaran di masyarakat," kata dia.

Hasil pemilihan yang dilakukan secara demokratis di masing-masing wilayah, ada RT lama namun diberi SK baru atau melanjutkan kembali kepemimpinannya. Namun banyak pula RT baru dengan SK baru, sebab ternyata banyak pula para incumbent RT yang kalah dalam pemilihan dan digantikan wajah baru. 

Kegiatan yang dinilai sakral ini juga dihadiri langsung Camat Sodongholir, Kapolsek Sodonghilir, Danramil, hingga tokoh masyarakat. 

Selain mereka yang dilantik, turut pula hadir menyaksikan para mantan calon RT dan RW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: