Puluhan Rumah di Kota Banjar Disulap Jadi Guest House

Puluhan Rumah di Kota Banjar Disulap Jadi Guest House

BANJAR, RADARTASIK.COM - Puluhan warga di Kecamatan Langensari Kota Banjar, tepatnya di dekat area Sport Center Gelora Banjar Patroman (GBP) menyulap rumahnya menjadi guest house atau rumah singgah yang disewakan.

Hal itu menyusul Kota Banjar akan menjadi tuan rumah dua cabang olahraga yakni Grass Track dan Sepak Bola Putri dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat November 2022.

“Kami sudah mengecek dan mendata, ada sekitar 32 rumah warga yang dimanfaatkan untuk guest house,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjar Ira Khairunnisa, Minggu 10 Juli 2022.

BACA JUGA: Kasus Kematian karena DBD di Kota Tasik Jadi 21 Orang, Tertinggi di Kelurahan Ini

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjar Dedi Suardi mengatakan, pemanfaatan rumah warga menjadi guest house dipersiapkan untuk para atlet official serta para pendukung porda/porprov yang datang dari luar kota, sehingga tidak sulit mencari tempat menginap.

“Jadi harus dipersiapkan dari sekarang, dari mulai pendataannya kemudian kesiapan sarana guest house-nya. Kemudian yang lebih penting dari pendataan yang sudah kami laksanakan ini agar warga yang menjadikan rumah mereka guest house tidak seenaknya mematok harga nantinya. Harus ada batas maksimal sesuai dengan fasilitas yang disediakan juga,” katanya.

Dedi juga berharap, para tamu Porprov dari luar daerah baik atlet, tim official, hingga pendukungnya bisa betah dan nyaman Kota Banjar. Mengingat di Kecamatan Langensari sendiri belum terbangun hotel yang representatif.

BACA JUGA: Penataan Pantai Legok Jawa Usai 4 Pelajar Tenggelam, Pemkab Pangandaran Rencanakan Begini

Bahkan tidak ada sama sekali sehingga mssyarakat disiapkan untuk membuka jasa sewa rumah singgah (home stay) atau guest house.

“Tentu ini juga akan menambah pendapatan bagi masyarakat, tidak hanya bagi yang berjualan nanti ketika pelaksanaan Porprov dimulai, amun bagi warga yang menyiapkan rumahnya ya menjadi guest house juga akan mendapatkan uang sewa dari para tamu,” katanya.

Selain sudah mendata jumlah guest house, pihaknya juga tengah mempersiapkan usulan anggaran untuk tuan rumah Porprov dua cabang olahraga yang diperlombakan.

BACA JUGA: Gawat! Kecanduan Game Online, Anak 13 Tahun di Tasikmalaya Punya Utang Jutaan dan Nekat Mencuri Uang

Pembiayaan dan sebagainya itu rencana akan diusulkan Dinas Pemuda dan Olahraga serta didorong oleh KONI Kota Banjar ke DPRD Kota Banjar dalam pembahasan perubahan anggaran tahun ini.

“Untuk pembiayaan persiapan tuan rumah dua cabor, Sepak Bola Wanita dan Grass Track pada November 2022 mendatang anggarannya kita mengusulkan di perubahan. Sebab tidak ada anggaran murni,” kata Dedi Suardi.
Dedi menyebutkan, anggaran yang diusulkan masing-masing sekitar Rp220 jutaan. Itu merupakan usulan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: