1.635 Kursi Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Unsil Siap Gelar UTBK-SBMPTN 17 Mei 2022

1.635 Kursi Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Unsil Siap Gelar UTBK-SBMPTN 17 Mei 2022

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya siap melaksanakan jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022. Itu dilakukan dua gelombang; pertama pada 17-23 Mei dan kedua 28 Mei-3 Juni. 

Dalam pelaksanaannya dibagi dua sesi yakni pagi dan siang. Untuk pagi dimulai dari 06.45- 12.30 dan siang dimulai pada 13.00-16.45.

Sekretaris UTBK SBMPTN Lokal Unsil Tasikmalaya Dr Ade Rustiana Drs MSi mengatakan, sebanyak 7.764 peserta akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022 di Unsil. 

Tentunya Unsil sudah memfasilitasinya, dengan menyediakan 13 ruang yang nyaman dan aman untuk mengerjakan soal UTBK SBMPTN.

”Ada 7.764 yang akan mengikuti UTBK SBMPTN di Unsil. Sehingga kita sudah siapkan 13 ruangan dan per sesinya diisi 300 peserta,” katanya kepada Radar, Selasa (10/5/2022).

BACA JUGA: Eksplorasi Kemampuan di Bidang Sains, KSN 2022 Dimulai 12 Mei

Lalu, lanjut Ade, dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN di Unsil tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Bentuknya dengan melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Tasikmalaya dalam pelaksanaannya.

“Kemudian dalam pelaksanaannya,  para panitia dan peserta harus patuh terhadap protokol kesehatan. Itu seperti wajib pakai masker dan tidak boleh berkerumun,” ujarnya.

Menambahkan, Kepala UPT TIK Unsil Adi Khairul menyampaikan dalam menyukseskan UTBK-SBMPTN Unsil sudah menyediakan 13 ruangan, dengan diisi 15-30 unit komputer. Itu sudah disiapkan dua bulan lalu.

BACA JUGA: Sambut PTM, Prokes Harus Diperkuat

“Karena sebelum lebaran kemarin ada uji coba UTBK-SBMPTN dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Hasilnya 13 ruangan sudah aman secara infrastruktur dan sistem untuk digunakan ujian UTBK-SBMPTN,” katanya.

Lalu, dari 13 ruangan tersebut pihaknya pun melayani untuk peserta kebutuhan khusus. Untuk sejauh ini, di UTBK SBMPTN di Unsil baru 4 orang yang tunanetra.

“Oleh karenanya untuk peserta berkebutuhan khusus ada perlakuan istimewa. Mulai dari ruangan tersendiri dan disiapkan aplikasi pembaca layar atau screen reader dan headset sehingga mereka bisa mengerjakan soal UTBK SBMPTN dengan baik,” ujarnya.

Kemudian, dalam mengantisipasi pemadaman listrik saat UTBK SBMPTN, pihaknya sudah berkomunikasi dengan PLN dan menyiapkan satu mesin pembangkit listrik atau genset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: