Nundang Busaeri Dilantik Jadi Rektor Unsil

Nundang Busaeri Dilantik Jadi Rektor Unsil

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Pencarian Rektor Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya periode 2022-2026 mencapai babak final. Dr Nundang Busaeri Ir MT dilantik sebagai Rektor Unsil di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), hari ini (18/5/2022).

Terpilihnya Dr Nundang Busaeri Ir MT sebagai Rektor Unsil Tasikmalaya tersebut melalui proses yang panjang. Dengan melakukan beberapa rangkaian, mulai dari Desember 2021- Maret 2022.

Terlihat Dr Nundang Busaeri Ir MT terpilih sebagai Rektor Unsil Tasikmalaya, saat berhasil masuk sebagai calon pada sidang tertutup Januari 2022. Itu dari tujuh bakal calon Rektor Unsil yakni Prof Dr Iis Marwan Drs SH MPd, Dr Gumilar Mulya MPd, Dr Supratman MPd, dan Dr Nundang Busaeri  Ir MT. Selanjutnya, dari eksternal yakni Prof Dr Nandang Alamsah Deliarnoor SH MHum, Drs Tommy Apriantono MSc PhD, dan Prof Muradi SS MSi MSc PhD.

Lalu, pada sidang senat tertutup untuk pemilihan Rektor Unsil Tasikmalaya bersama Kemendikbud Ristek  di Gedung Rektorat lantai dua, Maret 2022.  Hasilnya dari 13 suara atau 35 persen dari Kemendikbud Ristek dan 25 suara atau 65 persen dari internal senat Unsil untuk tiga calon Rektor Unsil Tasikmalaya yang terpilih adalah Dr Nundang Busaeri Ir MT.

BACA JUGA: Dapat PKK Harus Jaga Kepercayaan

Dengan rincian perolehan calon Rektor Unsil Tasikmalaya; nomor satu Dr Nundang Busaeri Ir MT mendapatkan 34 suara yakni 13 Kemendikbud Ristek dan 21 senat, nomor dua Dr Gumilar Mulya Drs MPd mendapatkan suara 1 senat, dan nomor ketiga Prof Dr Iis Marwan Drs SH MPd mendapatkan suara 3 suara senat.

”Setelah dipastikan Dr Nundang Busaeri Ir MT mendapatkan suara terbanyak dan sah pada pemilihan pada Maret lalu. Pada gilirannya untuk 18 Mei adalah pelantikan menjadi Rektor Unsil Tasikmalaya periode 2022-2026 di Jakarta,” kata Ketua Senat Unsil Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi kepada Radar, Selasa (17/5/2022).

Pelantikan Dr Nundang Busaeri Ir MT sebagai Rektor Unsil Tasikmalaya ini berarti tanda menggantikan estafet kepemimpinan sebelumnya yakni  Rektor Unsil Tasikmalaya Prof Rudi Priyadi Ir MS. Karena Prof Rudi Priyadi Ir MS berakhir menjadi Rektor Unsil Tasikmalaya pada 2022.

“Untuk itu, Rektor Unsil lama hadir dalam pelantikan serah terima jabatan  Rektor Unsil baru beserta istrinya,” ujarnya.

BACA JUGA: PPDB Akan Dimulai 6 Juni

Menambahkan, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Dedi Kusmayadi Ak ACPA CPA mengucapkan selamat dan sukses atas Pelantikan Dr Nundang Busaeri Ir MT sebagai Rektor Unsil Tasikmalaya masa periode 2022-2026. Ia pun berharap bisa  mempertahankan prestasi sebelumnya ataupun lebih baik dapat mengembangkan Unsil lebih maju dan berkembang.

“Salah satunya bisa mengubah Unsil awalnya satuan kerja (Satker) bisa segera terealisasi menjadi badan layanan umum (BLU),” katanya.

Senada, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unsil Tasikmalaya Dr Asep Suryana Abdurrahmat SPd MKes berharap dengan dilantiknya Dr Nundang Busaeri Ir MT sebagai Rektor Unsil Tasikmalaya masa periode 2022-2026, bisa membawa Unsil menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang mampu bersaing di kancah nasional dan global. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: