Hingga Tengah Malam, 36 Ribu Kendaraan Telah Melintasi Jalur Gentong Menuju Bandung-Jakarta

Hingga Tengah Malam, 36 Ribu Kendaraan Telah Melintasi Jalur Gentong Menuju Bandung-Jakarta

Radartasik, TASIKMALAYAWadirlantas Polda Jawa Barat, AKBP Matrius kembali melakukan pemantauan arus lalu lintas. Namun, kali ini dia melakukan pemantauan arus balik.

Seperti Jumat (06/05/22) malam di Pos Leter U Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Matrius memantau arus lalin ketika skema one way diberlakukan. 

"Pantauan kami dari jalur selatan yaitu dari Cileunyi, Bandung sampai Kota Banjar, saat ini memang sedang terjadi peningkatan arus balik Lebaran," paparnya kepada wartawan.

"Yaitu arus balik libur Lebaran maupun arus balik usai wisata. Saat ini tercatat di kami sudah 36 ribu kendaraan arus balik mengarah ke Cileunyi," sambungnya.

Itu, menurut dia, yang melintas juga ke jalur selatan Tasikmalaya. Saat dia memantau arus balik tengah terjadi antrean kendaraan mulai dari Rajapolah hingga Gentong.

"Karena jumlah kendaraan yang meningkat. Pantauan kami saat ini saja lebih dari 5 ribu kendaraan per jamnya. Kemudian di Gentong itu dari tiga lajur menjadi satu lajur," terangnya.

Karena, beber dia, banyaknya kendaraan yang rusak disebabkan kopling dan lainnya, sehingga menghambat kendaraan lain yang akan melintasi Gentong, sehingga terjadi antrean.

"Kami bersama Polres jajaran wilayah selatan maka melakukan berbagai rekayasa lalu lintas. Diantaranya mengalihkan arus ke arah Singaparna, Salawu dan Garut," bebernya.

Lalu, tambah dia, melakukan tindakan one way atau penarikan arus mulai dari Gentong menuju arah Malangbong, Garut yang panjangnya kurang-lebih 10 kilometer.

"Kami imbau masyarakat yang pulang ke Jakarta atau wilayah Jawa bagian utara, untuk menggunakan Tol Cipali melalui Ciamis. Karena saat ini tol Cipali tengah dilakukan one way ke arah Jakarta," tambahnya.

Solusinya agar tak terjebak kemacetan, jelas dia, karena kapasitas jalan tak bisa menampuk intensitas kendaraan saat ini, maka harus dibagi. 

"Dan kami sudah membaginya dengan mengalihkan, one way, dan jalan alternatif ke Tol Cipali," jelasnya. (rezza rizaldi / radartasik.disway.id)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: