Komisi Uni Eropa Digugat Karena Kerahasiaan Perjanjian Pembelian Vaksin Covid

Komisi Uni Eropa Digugat Karena Kerahasiaan Perjanjian Pembelian Vaksin Covid

Radartasik.com, Lima anggota parlemen hijau menggugat Komisi Eropa atas kontrak vaksin ultra-rahasianya, mereka beralasan bahwa versi yang banyak disunting yang dirilis oleh EC “membuat tidak mungkin untuk memahami isi perjanjian.”

“Kerahasiaan adalah tempat berkembang biaknya ketidakpercayaan dan skeptisisme dan tidak memiliki tempat dalam perjanjian publik dengan perusahaan farmasi,” kata Margrete Auken, anggota parlemen Denmark yang terlibat dalam gugatan itu.

Ia menambahkan bahwa penolakan Komisi Eropa untuk memberikan transparansi pada vaksinnya mempengaruhi kepercayaan publik pada kemampuan UE untuk mendapatkan hasil terbaik bagi warganya.

Parlemen Eropa menuntut perincian kontrak yang ditandatangani Komisi Eropa dengan pembuat vaksin BioNTech, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Johnson & Johnson dan Novavax, termasuk harga per dosis, pembayaran di muka, ketentuan untuk donasi vaksin, kewajiban dan masalah ganti rugi.

“Pembelian yang dilakukan dengan uang publik harus disertai dengan informasi publik, tentunya dalam hal kesehatan,” menurut MEP Belanda dan pihak yang mengajukan gugatan, Kim van Sparrentak.

Sparrentak mencatat bahwa “kerahasiaan dengan kedok rahasia dagang hanya memicu ketidakpastian dan ketakutan.”

Selain Auken dan van Sparrentak anggota parlemen yang menandatangani gugatan itu adalah Tilly Metz (Luksemburg), Jutta Paulus (Jerman) dan Michele Rivasi (Prancis) ketua komite parlemen tentang Covid-19.

Gugatan yang diajukan di Pengadilan Eropa di Luksemburg muncul ketika Presiden EC Ursula von der Leyen mengungkapkan bahwa setiap negara anggota UE akan diminta untuk mengadopsi Sertifikat Digital Covid UE.

Termasuk paspor kesehatan digital yang dikeluarkan untuk mereka yang memiliki bukti vaksinasi, tes PCR negative atau bukti pemulihan dari Covid-19.

Sementara masa berlaku sertifikat tersebut akan berakhir pada akhir Juni, Komisi Eropa tidak hanya akan memperbaruinya satu tahun lagi, tetapi mewajibkan semua 27 negara Uni Eropa untuk melakukanya mulai 1 Juli. Tetapi menurut von der Leyen Hanya 15 negara saat ini yang menggunakannya.

Langkah itu dilakukan meskipun banyak negara Uni Eropa mulai mengurangi pembatasan Covid-19, menjauhi tindakan lebih ketat yang diberlakukan dalam 18 bulan pertama pandemi.

Jerman yang awalnya berusaha untuk mewajibkan semua warganya yang berusia di atas 60 tahun untuk menerima vaksin Covid-19, terpaksa membatalkan rencana itu setelah ditolak di Bundestag, meskipun menteri kesehatan negara itu telah memperingatkan bahwa pemerintah mungkin menerapkan kembali mandat masker, karena ia memperkirakan infeksi meningkat di musim gugur.

Menanggapi gugatan tersebut, Komisi Eropa bersikeras tidak dapat mengungkapkan kontrak yang ditandatangani dengan pembuat vaksin pada tahun 2020, mereka mengklaim "komisi dalam bisnis untuk menghormati kontrak."

Dikutip dari Russian Today, Saat itu anggota parlemen Uni Eropa yang ingin melihat kontrak dilarang membuat catatan dan dipaksa untuk menandatangani perjanjian kerahasiaan.

Sebagian besar dunia tampaknya menuju vaksinasi Covid-19 wajib enam bulan lalu. Namun, kesadaran bahwa terlepas dari janji awal produsen mereka, vaksin bukanlah peluru ajaib yang mampu menghentikan penyebaran, tetapi juga tidak mampu mencegah infeksi lebih lanjut.

Masalah kesehatan dan keluhan diskriminasi terhadap orang yang tidak divaksinasi juga berkontribusi terhadap reaksi tersebut. Namun, produsen, serta sebagian besar pejabat, terus bersikeras bahwa vaksin itu “ aman dan efektif. ”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today