Evolusi Alat Hitung dari Zaman Kuno Sampai Zaman Modern, Ternyata Bukan Hanya Sempoa!

Evolusi Alat Hitung dari Zaman Kuno Sampai Zaman Modern, Ternyata Bukan Hanya Sempoa!

Evolusi alat hitung dari zaman kuno sampai zaman modern, ternyata bukan hanya sempoa.- Tangkapan layar Instagram@warunk_lawas-

RADARTASIK.COM – Berbicara tentang alat hidung tidak bisa lepas dari sempoa, namun ternyata ada bentuk lain yang berkembang dari zaman kuno sampai zaman modern.

Sempoa yang juga dikenal sebagai Suan Pan adalah alat hitung tradisional dari China dan telah digunakan selama berabad-abad. 

Nama Suan Pan secara harfiah berarti papan hitung dalam bahasa Mandarin. 

Alat ini terdiri dari bingkai kayu dengan bilah-bilah kayu paralel yang dapat digeser.

Setiap bilah kayu memiliki bola-bola yang diatur dalam baris dan kolom, mewakili angka dan tempat nilai angka dalam sistem angka China.

Pada zaman dahulu, sempoa digunakan secara luas oleh para pegawai kerajaan dalam tugas administratif dan perhitungan pajak.

Penggunaan alat hitung yang mirip dengan Suan Pan sudah ada sejak berabad-abad lalu. 

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya alat ini dalam perkembangan matematika di zaman dahulu.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Kantuk di Waktu Pagi yang Bikin Hari Anda Lebih Semangat dan Energik

Papan hitung memiliki sejarah yang panjang dan telah menjadi alat hitung yang penting di berbagai bangsa, termasuk di China sejak dahulu. 

Meskipun asal-usul papan hitung tidak bisa dipastikan, mengingat alat hitung sejenis ditemukan juga di berbagai bangsa dengan nama yang berbeda, seperti Abacus di Babylonia. 

Setidaknya evolusi alat hitung di dunia telah melewati tiga zaman yang berbeda, yaitu Zaman Kuno, Abad Pertengahan dan Zaman Modern. 

Zaman Kuno

Pada Zaman Kuno, sekitar 300 SM hingga 500 M, alat hitung seperti Tablet Salamis, Kalkuli Romawi, dan Sempoa Tangan digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: