Doa Ramadhan Hari Ke-28: Anugerah Kemuliaan Dengan Mustajabnya Doa-Doa

Doa Ramadhan Hari Ke-28: Anugerah Kemuliaan Dengan Mustajabnya Doa-Doa

Doa ramadhan hari ke-28: Pesan dan hikmah yang terkandung di dalamnya. Foto: Freepik/reka foto--

1. Memohon kesempurnaan hidup dengan malaksanakan amalan-amalan sunnah

Permohonan pertama dalam doa ramadhan hari ke-28 ini berisi harapan agar Allah menyempurnakan hidup kita dengan memberikan kemampuan dalam melaksanakan amalan-amalan ibadah sunah, tentunya di samping melaksanakan ibadah wajib.

Karena seringkali amalan-amalan ibadah sunah ini terabaikan dengan alasan hukumnya tidak wajib. Seakan-akan yang sunah itu cenderung untuk ditinggalkan. 

Padahal ibadah sunah pun memiliki keistimewaan dan keutamaan, misalnya mengenai shalat sunah rawatib, rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadits:

“Barangsiapa sehari semalam mengerjakan shalat 12 raka’at (sunnah rawatib), akan dibangunkan baginya rumah di surga, yaitu: 4 raka’at sebelum Zhuhur, 2 raka’at setelah Zhuhur, 2 raka’at setelah Maghrib, 2 raka’at setelah ‘Isya dan 2 raka’at sebelum Shubuh.” (HR. Tirmidzi dan An Nasai).

Bahkan ketika berbicara tentang keistimewaan shalat qabla Shubuh, rasulullah menerangkan:

“Dua rakaat sunnah fajar (subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.”  (HR. Muslim)

Atau yang berhubungan dengan shalat tahajud atau Qiyamul Lail, beliaupun bersabda: 

"Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang saleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan." (HR Imam Tirmizi & Ahmad)

Selain itu, mengenai ibadah sunah lainnya seperti shaum sunah, berikut adalah hadits-hadits yang menjelaskan hal tersebut:

“Barang siapa sudah melakukan puasa Ramadan, kemudian menambahkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah ia telah melaksanakan puasa sepanjang masa” (HR Jama’ah ahli hadis selain dan an-Nasa’i).

'Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat'.” (HR Muslim)

Dengan keistimewaan ibadah sunah yang disebutkan di atas, kita berharap bisa melaksanakannya sebagai pelengkap ibadah wajib.

Ketika kita mampu melaksanakan amalan ibadah wajib dan sunah, itu merupakan kesempurnaan hidup yang dianugerahkan Allah kepada kita. 

2. Mohon dimuliakan dengan terkabulnya doa-doa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: