Petugas Sortir Temukan ini saat Lipat Surat Suara Pemilu di Gudang Logistik KPU Kota Banjar

Petugas Sortir Temukan ini saat Lipat Surat Suara Pemilu di Gudang Logistik KPU Kota Banjar

Petugas sortir lipat saat melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Kota Banjar, Rabu 10 Januari 2024. anto sugiarto / radartasik.disway.id--

Petugas Sortir Temukan ini saat Lipat Surat Suara Pemilu di Gudang Logistik KPU Kota Banjar

BANJAR, RADARTASIK.COM - Puluhan petugas sortir lipat melakukan pelipatan surat suara Pemilu serentak di gudang logistik KPU Kota Banjar Jalan Siliwangi. 

Petugas sortir lipat surat suara ini didominasi kalangan dewasa dan juga milenial. Mereka terpantau serius melakukan pelipatan.

"Iya hari ini mulai dilakukan pelipatan surat suara Pemilu serentak 2024," ujar Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis kepada awak media, Rabu 10 Januari 2024.

BACA JUGA:Mengapa Pemain Persebaya Direndam 4 Menit di Tong Berisi Air Es? Ternyata Ini Tujuannya Kata Paul Munster

Sebanyak 157. 318 per surat suara dikali 5 jenis sudah datang semua dan dilakukan pelipatan oleh petugas serta diawasi oleh tim dari KPU serta Bawaslu Kota Banjar. 

Namun, untuk proses pelipatan surat suara ini agar tidak bercecer yang pertama dilakukan adalah pelipatan surat suara Capres-Cawapres, kemudian DPR, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota. 

Petugas yang melakukan pelipatan surat suara menggunakan alat khusus dan tidak diperkenankan memakai cincin. Hal ini guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi (misal rusak, robek dan lainnya).

"Untuk proses pembayaran upah petugas sortir lipat surat suara diakhir dan diakumulasikan berapa banyak yang sudah dilipat," terangnya. 

BACA JUGA:Penyakit TBC di Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tinggi, 124 Warga Dinyatakan Positif

Diakui dia, saat dilakukan pelipatan didapat sejumlah surat suara yang rusak dan dipisahkan dengan yang sedang dilipat oleh petugas. 

Untuk jumlah pastinya berapa surat suara yang rusak masih belum dihitung, melainkan masih fokus dalam proses pelipatan surat suara terlebih dahulu. 

"Kita pisahkan dulu, kalau yang sobek saat ini ada beberapa dan belum dihitung semuanya," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: