Budi Budiman Apresiasi Langkah Cheka Virgowansyah Menghapus 16.000 Orang Miskin Abal-Abal

Budi Budiman Apresiasi Langkah Cheka Virgowansyah Menghapus 16.000 Orang Miskin Abal-Abal

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman bersama Pj Wali Kota Tasikmalaya Dr Cheka Virgowansyah.-Dok. Radartasik.com-

Sukses Turunkan Angka Kemiskinan

Budi pernah menjalankan dua periode pemerintahan di Kota Tasik. Pada periode pertama tahun 2012-2017, Budi Budiman berpasangan dengan Dede Sudrajat.

BACA JUGA: AHM Rilis New Honda Scoopy dengan Garansi Rangka 5 Tahun

Sebagai Wali dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya, pasangan Budi - Dede diberikan amanah untuk fokus mengurangi kemiskinan. Saat itu —tahun 2012— angka kemiskinan Kota Tasik berada di posisi 18,94%.

Akhir tahun 2017 atau sejurus dengan berakhirnya masa kepemimpinan Budi - Dede, angka kemiskinan Kota Tasik berada di posisi 14,80%.

Saat itu Kota Tasikmalaya mendapatkan apresiasi dari BPS (Badan Pusat Statistik) atas penurunan tertinggi angka kemiskinan selama 5 tahun di Jabar.

Pada periode kedua Budi berpasangan dengan Muhammad Yusuf. Pasangan Budi - Yusuf periode 2017-2022 menargetkan angka kemiskinan turun 5% selama 5 tahun agar Kota Tasik masuk single digit di angka 9%.

BACA JUGA: Mapah Sauyunan, Cara Dinkes dan Pemerintah Kota Tasikmalaya Kampanye Hidup Sehat

Untuk mencapai target itu, Budi - Dede meningkatkan pembangunan infrastruktur pendidikan dan kesehatan di setiap wilayah, mencetak wirausaha baru, memberikan kemudahan perizinan dan lain-lain.

”Alhamdulillah angka kemiskinan tahun 2019 sebelum Covid-19 data BPS berada di posisi 11,60%. Sudah on the track. Namun Covid-19 sangat masif berdampak kepada semua bidang di awal 2020 hingga 2022,” kata dia.

Kondisi tersebut menuntut kerja keras lagi pemkot, stakeholder dan masyarakat agar mampu menghadirkan kembali iklim investasi yang baik dan terjadi pemerataan pembangunan.

”Jangan cepat puas dengan capaian angka kemiskinan hari ini ada di posisi 11,56% karena baru kembali ke posisi tahun 2018. Upayakan semaksimal mungkin pertumbuhan ekonomi yang baik, pemerataan pembangunan di setiap wilayah agar Indeks Gini Ratio (kesenjangan) terus berkurang dan tekan angka inflasi yang rendah agar bisa masuk di single digit minimal 9%,” kata dia.

BACA JUGA: Pelamar PPPK di Kabupaten Tasikmalaya Mencapai 8000 Pelamar

Budi mengapresiasi kepada Pj Wali Kota dengan jajaran stakeholder, BPS dan masyarakat yang terlibat dalam pembangunan agar mampu berpacu menjadikan Kota Tasikmalaya lebih maju dan penuh berkah dari Allah SWT.

”Selamat Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-22, semoga Visi Kota Tasikmalaya sebagai Kota Industri dan Perdagangan Termaju di Jawa Barat (terwujud, red) tanpa harus meninggalkan nilai-nilai budaya dan agama,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: