Inilah Profil Orang Bertakwa Menurut Al Baqarah 177

Inilah Profil Orang Bertakwa Menurut Al Baqarah 177

Mudir Pesantren Amanah KH Arip Somantri MAg menjelaskan profil orang bertakwa menurut Al Baqarah 177.-Istimewa-

BACA JUGA: Bencana Kebakaran di Cigalontang Tasikmalaya, 2 Rumah Panggung dan 3 Sepeda Motor Hangus Dilahap Api

Lebih lanjut, kiai lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor Angkatan 1989 ini menerangkan keimanan itu ada konsekuensinya atau harus dibuktikan. Bukti tersebut berupa amal. ”Amal ini tertuju pada dua hal yakni berkaitan dengan harta dan berkaitan dengan diri,” terangnya. 

Amal yang berkaitan dengan harta dilakukan dengan memberikan atau menafkahkan harta yang sangat dicintainya dengan menunaikan zakat yang telah ditentukan waktu dan kadarnya, juga sebagai amalan tathawwu secara ikhlas kepada beberapa pihak yang perlu disantuni. 

”Mereka ini adalah sanak kerabat, anak yatim, orang miskin yang terhimpit oleh kefakiran, para musafir yang membutuhkan bantuan, juga kepada orang-orang yang meminta-minta karena terdesak kebutuhan, dan untuk memerdekakan hamba sahaya atau tawanan perang,” paparnya.

Sedangkan amal yang berkaitang dengan diri adalah dengan mendirikan shalat, memenuhi janji dan sabar di kala fakir, sakit, maupun peperangan.

BACA JUGA: Permintaan Bobotoh ke Persib soal Nasib Levy Madinda, Keterlaluan Kalau Sampai Nyeberang ke Tetangga Sebelah

”Itulah orang-orang yang benar lagi yakin dalam keimanan. Mereka itulah orang-orang yang takut mendurhakai-Nya. Dengan kata lain, demikianlah profil orang yang bertakwa dengan indikasi berakidah yang lurus, beribadah dengan benar dan bermuamalah hasanah,” tegasnya.

Pada bagian akhir paparannya, ayah dari tiga putra dan dua putri ini mengajak seluruh warga pesantren untuk bersama-sama mewujudkan profil ini dengan melaksanakan proses pembiasaan dalam kegiatan harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: