Lahan Kosong di Kota Tasikmalaya Terbakar Akibat Pembakaran Sampah

Lahan Kosong di Kota Tasikmalaya Terbakar Akibat Pembakaran Sampah

Petugas Damkar Kota Tasikmalaya berusaha memadamkan api yang membakar lahan di Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang, Minggu 10 September 2023 sore. Istimewa--

BACA JUGA:Belasan Ribu Warga Kota Tasikmalaya Mendadak Senam Massal di Dadaha

Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat, Muhammad Andra, menjelaskan bahwa kebakaran pertama kali ditemukan oleh seorang warga setelah melaksanakan salat Ashar. Pada saat itu, api sudah membakar ilalang di lahan terbengkalai tersebut.

"Anda bisa bayangkan, ada yang membakar sampah lalu mereka tinggalkan sementara. Ketika mereka kembali, api sudah besar," tutur Andra.

Warga sekitar mencoba memadamkan api secara manual saat melihat kebakaran, namun, upaya tersebut tidak berhasil menghentikan laju api yang terus membesar.

"Kami segera menghubungi pemadam. Alhamdulillah, respon mereka sangat cepat," tambah Andra.

BACA JUGA:DAM Ajak Gathering Komunitas Honda di Genio Movie Ride

Menurutnya, lahan yang terbakar sebenarnya tidak digunakan oleh pemiliknya. Beberapa waktu lalu, warga sekitar pernah meminta izin kepada pemilik lahan untuk menggunakan area tersebut untuk kegiatan masyarakat, tetapi belum ada respon dari pemilik lahan.

"Jika dibiarkan begitu saja, lahan ini akan tetap terbengkalai. Ini meningkatkan risiko kebakaran dan juga kehadiran banyak ular," jelasnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, mengungkapkan dalam beberapa hari terakhir, wilayahnya telah mengalami beberapa kebakaran lahan. 

Sebagian besar kebakaran tersebut disebabkan oleh pembakaran sampah yang tidak diawasi dengan baik oleh masyarakat.

BACA JUGA:Juan Sebastian Veron: AC Milan kuat, Inter Milan Punya Pemain Mematikan

"Mayoritas kebakaran lahan terjadi akibat pembakaran sampah," tegas Ucu.

Karenanya, Ucu mengingatkan warga untuk lebih berhati-hati ketika membakar sampah di lahan terbuka. 

Sebelum meninggalkannya, pastikan bahwa api dari pembakaran sampah sudah benar-benar padam.

Sementara itu sekira pukul 17.35 kembali terjadi kebakaran. Kali ini bencana tersebut terjadi di lahan sebelah Perum Bukit Indihiang Permai 2, Jalan Raya Brigjen HRM Wasita Kusumah, Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: