Lahan Kosong di Kota Tasikmalaya Terbakar Akibat Pembakaran Sampah

Lahan Kosong di Kota Tasikmalaya Terbakar Akibat Pembakaran Sampah

Petugas Damkar Kota Tasikmalaya berusaha memadamkan api yang membakar lahan di Kelurahan Sirnagalih Kecamatan Indihiang, Minggu 10 September 2023 sore. Istimewa--

Lahan Kosong di Kota Tasikmalaya Terbakar Akibat Pembakaran Sampah

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Lahan kosong yang dimiliki oleh warga di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, mengalami kebakaran, Minggu 10 September 2023. 

Api dengan cepat menghanguskan lahan tersebut yang dulunya ditumbuhi ilalang di sepanjang Jalan Ir H Juanda.

Komandan Regu 3 Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tasikmalaya, Budi Permana, mengungkapkan bahwa mereka menerima laporan tentang kebakaran tersebut sekitar pukul 15.34. 

BACA JUGA:Super Keren Lenovo Legion 9i, Laptop Gaming Kelas Dunia Tercanggih di 2023

Setelah menerima laporan, dua unit kendaraan damkar dan tujuh personel segera dikerahkan untuk memadamkan api.

"Saat kami tiba di lokasi, api masih berkobar dengan hebat. Namun, alhamdulillah, dalam waktu sekitar 10 menit, api berhasil kami kendalikan," ujar Budi kepada wartawan.

Proses pemadaman relatif lancar karena lokasinya dekat dengan jalan utama. Ini memungkinkan petugas untuk dengan cepat mengatasi kebakaran tersebut.

Meskipun kebakaran tersebut menghanguskan ilalang dengan luasan sekitar 50 meter persegi, beruntungnya api tidak menyebar ke permukiman warga.

BACA JUGA:Lothar Matthaus Tentang Derby Milan: Inter Selalu Lebih Unggul

"Alhamdulillah, kebakaran tidak merambat ke permukiman warga. Terdapat sebuah rumah makan yang paling dekat dengan titik api, dan itu masih aman," terang Budi.

Dalam pandangannya, kebakaran tersebut disebabkan oleh warga yang membakar sampah. 

Sayangnya, bukannya mengawasinya, mereka meninggalkan pembakaran sampah tersebut, sehingga api merembet ke lahan ilalang yang sudah sangat kering.

Budi mengimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan. "Karena ilalang yang kering dan angin kencang bisa memicu kebakaran besar," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: