Lakukan 5 Hal Ini Supaya Puasa Sunah di Bulan Zulhijah Mendapat Balasan Pahala yang Istimewa

Lakukan 5 Hal Ini Supaya Puasa Sunah di Bulan Zulhijah Mendapat Balasan Pahala yang Istimewa

Lakukan 5 hal ini supaya puasa sunah di Bulan Zulhijah mendapat balasan pahala yang istimewa.-Ilustrasi/Pixabay/Mohammed_Hassan-

Lakukan 5 Hal Ini Supaya Puasa Sunah di Bulan Zulhijah Mendapat Balasan Pahala yang Istimewa

RADARTASIK.COM – Zulhijah adalah salah satu bulan dari bulan-bulan yang dimuliakan Allah. Pada bulan Zulhijah banyak sekali peristiwa keagamaan yang penting, yang tidak ada pada bulan lainnya.

Salah satu keistimewaan Bulan Zulhijah adalah Allah menjadikan amal saleh pada sepuluh hari pertama sebagai amalan yang sangat dicintai-Nya. Maka Umat Islam dianjurkan banyak membaca zikir seperti tasbih, tahmid, tahlil dan sebagainya.

Amal saleh yang dianjurkan pada awal Bulan Zulhijah ini termasuk di dalamnya adalah puasa. Hanya saja puasa dianjurkan hanya sampai hari ke-9. Karena hari ke-10 adalah Hari Raya Idul Adha, yang justru kalau berpuasa hukumnya adalah haram.

BACA JUGA: Bertabur Bintang, Formasi Impian Persib Hadapi PSS Sleman di Laga Uji Coba Bikin Merinding, Top Abis!

Puasa secara mutlah adalah ibadah yang sangat tinggi nilainya. Diterangkan dalam hadits bahwa setiap amal kebaikan akan dilipatgandakan balasannya 10 sampai 700 kelipatan. Kecuali puasa. Kata Allah, ”Puasa itu untuk-Ku dan akan membalasnya.”

Penisbatan ibadah puasa kepada Allah SWT ini, menunjukkan bahwa puasa memiliki nilai tersendiri di banding ibadah lainnya. Kalau ibadah lain dilipatkan sampai 700 balasnya. Maka puasa akan menjadi amalan yang pahalanya tidak terbatas. Sesuai kehendak Allah.

Keutamaan puasa ini sangat banyak terekam dalam hadits Nabi SAW yang sangat masyhur di kalangan umat Islam. 

Di antaranya adalah bahwa di surga ada pintu khusus yang disediakan bagi orang yang ahli puasa. Yaitu pintu yang dinamakan Ar Royyan. Ini adalah pintu spesial yang diperuntukkan orang yang rajin berpuasa.

BACA JUGA: Pemecatan Maldini adalah Langkah Pertama AC Milan Menghabisi Simbol Klub, Tonali adalah Buktinya

Khusus puasa di Bulan Zulhijah, diterangkan bahwa puasa hari ke-9 atau hari Arafah pahalanya adalah menghapus kesalahan selama 2 tahun. Tahun yang telah lewat dan tahun yang akan datang. Sungguh puasa adalah ibadah yang sangat luar biasa di hadapan Allah.

Supaya puasa benar benar mendapat keistimewaan sesuai apa yang dijanjikan Allah dan rosulnya. Maka selain secara fikih tata caranya harus benar, masih ada perkara-perkara yang harus diperhatikan bagi orang yang puasa.

Hal ini sangat penting karena dalam hadits Nabi SAW diterangkan, banyak orang yang berpuasa yang tidak mendapat balasan apa-apa selain lapar dan dahaga. 

Inilah perkara-perkara yang harus diperhatikan orang yang puasa supaya puasanya mendapat balasan yang istimewa dari Allah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: