Heboh, Plaza Asia Diguncang Gempa dan Kebakaran, Puluhan Karyawan Berhamburan

Heboh, Plaza Asia Diguncang Gempa dan Kebakaran, Puluhan Karyawan Berhamburan

Mobil BPBD dan Damkar Kota Tasikmalaya saat simulasi pemadaman kebakaran di Asia Plaza, Selasa 16 Mei 2023. -Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

"Akhir-akhir ini siklus kejadian bencana di Kota Tasikmalaya mengalami peningkatan. Kurun waktu 2019 hingga April 2023 ini, terdapat setidaknya ada 3.344 kejadian bencana," ujar Cheka.

"Angkanya cukup banyak didominasi oleh faktor-faktor bencana yang diakibatkan oleh faktor alam. Contohnya cuaca ekstrim seperti hujan deras yang menimbulkan luapan air," sambungnya.

Contoh lainnya bencana alam yang kerap terjadi di Kota Tasikmalaya, pergeseran tanah maupun tanah longsor. Ada juga pohon-pohon tumbang akibat kencangnya angin dan kejadian-kejadian yang terakhir kemarin sambaran petir di Mangkubumi yang menelan korban jiwa.

BACA JUGA:Warga Tasik Mau Beli Emas Pakai Sampah Tanpa Syarat di Bank Sampah, Ini Cara dan Tempatnya

"Bencana tidak bisa diprediksi, tapi setidaknya kita sudah menyiapkan apa yang bisa kita lakukan ketika bencana terjadi. Hal ini tidak mungkin bisa dilakukan oleh hanya satu elemen saja, maka pentahelix, berkolaborasi," tegasnya.

Sementara itu Manager Operasional Asia Plaza, Roni Aprliansyah menuturkan, dalam edukasi simulasi kebencanaan ini pihaknya sedikitnya melibat 70 karyawan-karyawai dan tenant.  

Tujuannya agar nantinya ditularkan ke karyawan-karyawati lainnya. 

"Kemarin kami mendapatkan sosialisasinya dan hari ini simulasi penanggulangan bencana. Kita libatkan karyawan agar mereka juga merasakan tahu dan harus bagaimana kalau misalnya terjadi bencana," tuturnya.

Jelas dia, karyawan dan karyawati serta pekerja tenant yang ikut simulasi ini akan menyebarkan kecakapannya dalam menanggulangi bencana kepada karyawan lainnya yang tak ikut simulasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: