295 Orang Mencoblos Lebih Awal di Tasikmalaya, Ternyata Simulasi Penghitungan Pemilu 2024

295 Orang Mencoblos Lebih Awal di Tasikmalaya, Ternyata Simulasi Penghitungan Pemilu 2024

KPU Kabupaten Tasikmalaya saat melaksanakan simulasi pencoblosan dan penghitungan di halaman Taman Makam Pahlawan KH Mustofa, Senin 29 Januari 2024. istimewa--

295 Orang Mencoblos Lebih Awal di Tasikmalaya, Ternyata Simulasi Penghitungan Pemilu 2024

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - KPU Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara di halaman Taman Makam Pahlawan KH Mustofa, Senin 29 Januari 2023. 

Dalam simulasi pencoblosan dan perhitungan surat suara ini melibatkan sebanyak 295 orang. Hal itu dibenarkan Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Ami Imron Tamami.

"Simulasi dilakukan mulai tahap awal hingga nanti tahap perhitungan suara dan laporan hasil perhitungan suara," katanya kepada radartasik.com saat dihubungi melalui ponselnya.

BACA JUGA:Rating Pemain Fiorentina Vs Inter Milan: Lagi-Lagi Lautaro Martinez

Kegiatan simulasi pencoblosan tersebut dilaksanakan secara nyata, layaknya pencoblosan dan penghitungan suara sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Simulasi ini, melibatkan KPPS dan PPK Kecamatan Sukarame. 

"Tujuannya, juga untuk menghitung estimasi waktu yang dibutuhkan nanti sebagai gambaran saat perhitungan sebenarnya tanggal 14 Februari nanti," terang Ami.

Simulasi itu digelar sebagai perintah dari KPU RI. Dalam simulasi ini menggunakan surat suaranya replika. 

Kelengkapan TPS semuanya asli termasuk petugas pemungutan suara, Pemilih menyerahkan surat undangan, mengantri giliran, melakukan pencoblosan hingga mencelupkan jari kelingking tanda usai mencoblos.

BACA JUGA:Peduli Palestina, Waroeng Steak & Shake Salurkan Bantuan Melalui Baznas

"Mudah-mudahan, melalui simulasi ini nanti ada gambaran untuk para KPPS melaksanakan proses pencoblosan dan perhitungan suara," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: