Merasa Tersinggung, Kades se-Kecamatan Karangnunggal Geruduk Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya

Merasa Tersinggung, Kades se-Kecamatan Karangnunggal Geruduk Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya

DPK Apdesi Kecamatan Karangnunggal saat mendatangi kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya Rabu 1 Februari 2023. Kedatangan mereka untuk menyampaikan ketersinggungan pembicaraan komisioner KPU.-ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMKepala desa/kades se-Kecamatan Karangnunggal yang tergabung dalam Apdesi geruduk Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 1 Februari 2023. Kedatangan para kades tersebut karena merasa tersinggung oleh salah satu komisioner KPU yang disebut-sebut bahwa kades tidak mendukung suksesnya pemilu.

Ketua DPK Apdesi Kecamatan Karangnunggal Iman Surohiman menjelaskan, kedatangan mereka mempertanyakan sikap salah satu komisioner KPU saat acara pengukuhan kesekretariatan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Karangnunggal yang dilaksanakan tadi pagi. 

"Komisioner tadi bilang bahwa kepala desa banyak uang, banyak anggaran, bahkan kepala desa tidak membantu suksesnya pemilu ini. itu kan tidak enak," katanya kepada wartawan usai beraudensi dengan Ketua KPU di kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 01 Februari 2023.

Oleh karenanya, bersama pengurus DPK Apdesi Kecamatan Karangnunggal, kades se-Kecamatan Karangnunggal datang bersama-sama karena merasa tersinggung atas pembicaraan salah satu komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya.

BACA JUGA:Atalia Ridwan Kamil Kampanyekan Tanam Pohon Buah, Ibu Negara Apresiasi Pemprov Jabar 

"Tadi pembicaraan yang menyingung kami ini disampaikan Komisioner KPU yakni Ibu Ai Rohmawati," kata Iman yang juga Kepala Desa Ciawi, Kecamatan Karangnunggal.

Pembicaraan yang menyingung kades se-Kecamatan Karangnunggal itu dilontarkan saat sambutan acara Pengukuhan Kesekretariatan PPS Kecamatan Karangnunggal. 

"Padahal itu kan tidak ada hubungannya, bahkan untuk membantu suksesnya pemilu, kita membantunya memfasilitasi, mulai dari tempat, komputer dan lainnya agar pemilu itu sukes. Dan itu membuat saya dan teman-teman gak enak," jelas Iman.

Dia meminta salah satu komisioner KPU agar meminta maaf kepada 14 kepala desa se-Kecamatan karangnunggal. Permintaan maaf itu disampaikan langsung di Karangnunggal. "Kami minta Ketua KPU minta maaf bersama bersangkutan, dengan langsung datang ke Karangnunggal," ujar dia.

BACA JUGA:Sepanjang Hari Satgas Bakal Awasi Alun-alun Singaparna, Biar Bebas PKL serta Kebersihan dan Ketertiban Terjaga

Sementara Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP mengungkapkan, KPU menerima kedatangan para kepala desa yang terhimpun di DPK Apdesi Kecamatan Karangnunggal.

"Kami menerima silaturahmi para kepala desa, dan belum bisa menyimpulkan atas ketersinggungan dari penyampaian komisioner kami, saat pengukuhan PPS di Kecamatan Karangnunggal," katanya.

Akan tetapi, selaku pimpinan KPU mewakili komisioner menyampaikan permohonan maaf kepada DPK Apdesi Kecamatan Karangnunggal, termasuk para kepala desa di dalamnya atas kesalahpahaman penyampaian sambutan atau pernyataan dalam pelantikan kesekretariatan PPS.

Kejadian tersebut menurutnya menjadi catatan bagi KPU agar lebih baik lagi ke depan. Kedatangan para kepala desa menjadi bentuk silaturahmi dan menyampaikan kesamaan dalam menyukseskan pemilu lebih baik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: