Ngaji Wagiman

Ngaji Wagiman

--

Mirza Mirwan

Minul, siswa SMA kelas satu (kelas X), sudah terkenal sebagai penyanyi di grup dangdut yang sering manggung di hajatan. Suatu hari mendapat tugas untuk membuat karangan yang nilainya berbotot 40% untuk pelajaran Bahasa Indonesia dalam nilai rapor semester 2 -- nilai UTS 10%, nilai UAS 50%. Minul minta tolong ayahnya yang sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, tetapi mengajar di SD. Sang ayah memang baru kuliah di sebuah PTS, sebagai mahasiswa ekstensi, setelah menjadi guru SD. "Kan tinggal mengarang saja, Nul," kata sang ayah. "Nggak bisa, Pak." "Mengarang itu gampang, kata seorang pengarang," kata sang ayah sambil menyebut judul buku yang pernah dilihat di perpustakan sekolahnya semasa SPG dulu. "Ya jelas dong, Pak. Bagi pengarang memang gampang. Minul juga bisa bilang, menyanyi itu gampang. Bapak bisa menyanyi kayak Minul, nggak?" Apa boleh buat, terpaksalah ayahnya membuatkan karangan untuk Minul. "Pada suatu hari saya ikut ibu ke pasar. Setelah sampai di pasar ibu membeli sayur. Dari penjual sayur ibu pergi ke penjual bawang dan cabe. Dari penjual bawang dan cabe...... Dari.....,, kemudian....., kemudian.... Setelah itu saya dan ibu pulang. Setelah sampai di rumah...., lalu....., lalu...." "Nih, gampang, 'kan?" ujar sang ayah bangga sambil menyorongkan hasil karyanya di buku Minul. "Apa-apaan ini, Pak? Masak isinya hanya pada suatu hari, setelah, dari, dari, kemudian, lalu, huuu..... Murid bapak juga bisa kalau cuma kayak gini!"

Purnomo Inzaghi

Maaf saya bukan perusuh, hanya menyampaiakn uneg - uneg saja Bingung mau nulis dimana, akhirnya pilih disini saja yang bebas nulis apa saja...hehe Maaf juga kalo tulisannya tidak sesuai topik...siapa tahu dibaca oleh PSSI atau stake holder perepakbolaan Indonesia. Curhat penggemar sepakbola Indonesia.... Thailand kembali menjadi juara Piala AFF, gelar ketujuh tim Gajah Perang di dapat usai menaklukkan Vietnam dengan agregat 3-2 setelah menang 1-0 di Tammasat Stadium melengkapi hasil imbang 2-2 di Hanoi. Gelaran Piala AFF tahun ini jelas memperlihatkan dimana posisi timnas Indonesia sekarang, jangan lagi menghibur diri dengan menyebut tim Garuda adalah kekuatan Asia Tenggara, Brasilnya Asia atau julukan ngawur lainnya. Thailand yang hanya menurunkan tim lapis kedua jauh dan Vietnam sudah beda level dan jauh diatas kita...dua tim ini rasanya layak untuk bersaing masuk Piala Dunia 2026. Malaysia, Myanmar, Philipina sudah sejajar dengan Indonesia bahkan Kamboja yang dulu sering jadi bulan bulanan kini telah menjelma menjadi kekuatan baru Asia Tenggara. Dari dulu sampai sekarang mimpi kita untuk menjadi juara masih jauh panggang dari api, masih jadi angan yang sulit diraih,. Jika tidak segera berbenah dengan serius,, kita masih akan berkutat di level Asia Tenggara saat Thailand, Vietnam dan Malaysia sudah bicara Piala Dunia. Rasanya akan lebih baik kalo kita pindah zona saja, jangan ladi zona Asia atau Asia Tenggara, pindah saja ke Oceania..rasanya di sana kita masih punya peluang

Muh Nursalim

Dalam hal tulis menulis, saya terinspirasi sebuah buku "Tulislah apa yang kamu lihat". Lupa siapa pengarang dan penerbitnya. Lalu, dalam gaya nulis harus mengakui ketularan Abah Disway yang suka kalimat-kalimat pendek. Karena suka nulis di fb itu lalu dapat kontrak nulis rutin di sebuah koran. Honor tak seberapa tapi puas juga saat terbit.

Atho'illah

Barusan saya nonton reels Instagram, gak sengaja nemu konten Ko Hendra —perusuh alumni Agrinex yang seorang pengusaha properti sekaligus suhu feng shui termuda di Indonesia— yang sedang menjelaskan bagaimana cara pemempatan posisi tempat tidur (kasur) yang sesuai menurut feng shui. Menurut Ko Hendra, penempatan tempat tidur yang baik adalah poisisinya di tengah. Dan di sisi kanan-kiri kepala, ditempatkan meja, untuk keseimbangan. Kalau posisi kasurnya di taro di pojok kamar, menurut Ko Hendra, itu berdampak negatif. Anda tahu dampak negatifnya apa? Dampak negatifnya adalah bisa membuat kita JOMLO! Dan posisi tempat tidur saya, selama ini, selalu di pojok.

Leong putu

Saya punya usul, coba kasurnya taruh di tengah-tengah. Agar tidak Jomlo lagi. Apalagi di tengah-tengah jalan Pantura. ....Coba kalau berani ---

Jimmy Marta

Hakim sebaiknya juga jgn terpengaruh siasatnya sambo yg sejak disidang pake kacamata. Kata pak RIA, ahli psikoligi forensik itu hanya Nerd Defense. 

Udin Salemo

Abah Dis memang suka main sobek. Contohnya komentar saya hanya dimuat setengahnya. Yang bagian pantun disobek sehingga gak masuk utuh dimuat dalam komentar pilihan, hahaha... #everyday_berpantun Enak rasanya sambal cobek/ Waktu makan sama wak Hasan/ Bicara soal sobek-menyobek/ Sobekan malam paling berkesan/ Maksudnya sobekan waktu membuka kado perkawinan, :) Colek bli Leong Putu.

Er Gham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: