Atasi Stunting, Ruang Catin Jadi Inovasi, Periksa Calon Pengantin Sebelum Menikah

Atasi Stunting, Ruang Catin Jadi Inovasi, Periksa Calon Pengantin Sebelum Menikah

Pemeriksaan calon pengantin yang dilaksanakan oleh Bidan Insppiratif dan Kader Emas di KUA Bungursari Kota Tasikmalaya.-Foto:istimewa/dokbidaninspiratif-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Atasi stunting di Kota Tasikmalaya, Ruang Catin jadi inovasi periksa calon pengantin sebelum menikah.

Ruang Catin hadir dan digerakkan oleh Bidan Inspiratif Kota Tasikmalaya yang merupakan gabungan dari beberapa mahasiswa kesehatan yang jadi volunter. 

Koordinator Bidan Inspiratif Kota Tasikmalaya, Sylvia Faridatulhuda menjelaskan Ruang Catin atau ruang calon pengantin adalah kelas yang di khususnya bagi calon pengantin untuk meningkatkan pengetahuan dalam pencegahan stunting di kota tasikmalaya. 

Ruang Catin ini hadir sebagai bentuk inovasi dari bidan inspiratif untuk negeri dan ditugaskan di Kota Tasikmalaya yang dimana program ini di dukung oleh Kimia Farma dan Dompet Dhuafa serta sektor atau organisasi-organisasi kesehatan nasional maupun regional.

BACA JUGA:Gara-Gara Fans AS Roma, Jose Mourinho Sampai Minta Maaf Kepada Zaniolo

Seperti Ikatan Bidan Indonesia, BKKBN, FIADIFA, KEMENAG Kota Tasikmalaya, Puskesmas Bantar dan Dinas Kota Tasikmalaya.

Sylvia menambahkan Bidan Inspiratif Kota Tasikmalaya membentuk kader emas yang di dalamnya merupakan anak-anak mahasiswa Kesehatan kota tasikmalaya untuk turut berkontribusi dalam melaksanakan program ruang catin yang di harapakan program ini memiliki dampak dalam penurunan angka.

Program ini juga memberikan ruang konsultasi via Whatsaap serta pendampingan komprehensif bagi perempuan risiko bayi lahir stunting yang di lihat dari keadaan gizi sebelum hamil diantara HB lebih 12, LILA lebih 23,5 dan berat badan ideal. 

Progam ini di laksanakan pada Kamis, 12 Januari 2023 di KUA Kecamatan Bungursari yang dihadiri oleh perwakilan puskesmas, KUA, Kader Emas, Serta pasangan calon pengantin dengan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Jose Mourinho Sebut Coppa Italia Kejuaraan Terburuk di Eropa, Contohkan Pertandingan AC Milan vs Torino

Kemudian  dilanjutkan dengan pemberian materi persiapan calon pengantin serta persiapan kehamilan untuk mencegah stunting.

Selanjutnya pasangan calon pengantin menjadi anggota untuk mendapatkan konsultasi tentang berbagai macam pengetahuan seperti kesehatan, kehamilan dan lainnya.

Program ini akan terus berlangsung sebagai gerakanan bersama kader emas peduli stunting di Kota Tasikmalaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: