Iran vs AS: Konferensi Pers yang Menegangkan Antara Kapten AS dan Wartawan Iran

Iran vs AS: Konferensi Pers yang Menegangkan Antara Kapten AS dan Wartawan Iran

Ilustrasi laga Iran vs AS-Tangkapan Layar Instagram -

Suasana pertandingan diperkirakan akan tegang mengingat banyaknya kontroversi yang ditimbulkan menjelang pertandingan.

Pertandingan terakhir penyisihan grup B yang ditutup oleh laga Iran vs AS, akan menjadi sebuah duel bermuatan politis seperti di Piala Dunia Prancis tahun 1998.

Kedua negara diketahui tidak memiliki hubungan kerusakan yang baik, terbaru, AS menuduh Iran memasok tempur drone ke Rusia dalam perangnya dengan Ukaina yang didukung barat. 

Ketika Amerika Serikat menghadapi Iran untuk pertama kalinya di Piala Dunia di Prancis 1998, kedua negara secara politis bermasalah atas kepemilikan senjata nuklir.

Sekarang, mereka saling berhadapan lagi dan AS, seperti halnya Iran, membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar.

Ketegangan sudah dimulai ketika US Soccer secara sengaja memposting bendera Iran dengan menyembunyikan lambang Republik Islam Iran di media sosial.

Iran memprotes atas tindakan AS, dan menuntut mereka dikeluarkan dari Piala Dunia Qatar 2022.

Dalam Piala Dunia 1998 di Prancis, kedua negara bertemu untuk pertama kalinya di Piala Dunia setelah puluhan tahun konflik politik seperti Revolusi Islam dan krisis sandera di kedutaan AS di Iran yang memutuskan hubungan pembuatan kedua negara.

Laga Iran vs AS, dimainkan pada 21 Juni 1998 dalam babak penyisihan grup Piala Dunia Prancis di Stade de Gerland di Lyon.

Pertandingan digambarkan sebagai "pertandingan paling politis dalam sejarah Piala Dunia" yang diakhiri dengan kemenangan 2–1 untuk Iran, kemenangan pertama tim dalam sejarah Piala Dunia.

Hamid Estilli dan Mehdi Mahdavikia mencetak gol untuk Iran, sementara Brian McBride mencetak gol untuk AS. Kedua tim tidak lolos ke babak 16 besar karena kalah bersaing dengan Jerman dan Yugoslavia.

Tak pilihan bagi Amerika dalam laga Iran vs AS dini hari nanti pukul 02.00 WIB, Paman Sam harus menang atau angkat koper secepatnya.

Menghadapi Iran, hasil imbang atau kalah akan menyingkirkan Amerika yang hanya meraih 2 poin dan berada di urutan dibawah ketiga Iran dengan 3 poin.

Pemain AS telah mengembangkan sebagai generasi sepak bola terbaik Amerika. Tapi mereka finis ketiga di belakang Kanada dan Meksiko di kualifikasi Piala Dunia.

Sekarang skuad Paman Sam akan menghadapi partai hidup mati meenghadapi Iran di pertandingan terakhir penyisihan grup B yang harus dimenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Marca