Media Israel Kritik Netanyahu: Jika Kamu Pergi Berperang untuk Membalas Dendam, Gali 2 Kuburan

Media Israel Kritik Netanyahu: Jika Kamu Pergi Berperang untuk Membalas Dendam, Gali 2 Kuburan

Ilustrasi ribuan warga Israel tuntut Benjamin Netanyahu dicopot sebagai Perdana Menteri beberapa waktu lalu-Tangkapan Layar X-

RADARTASIK.COM – Media Israel mengkritik Netanyahu dengan mengatakan “Jika kamu pergi berperang untuk membalas dendam, gali 2 kuburan”.

Usai serangan dari Iran, kalangan media Israel mengungkapkan kekhawatiran terhadap tindakan gegabah yang akan diambil oleh Netanyahu.

Mereka merasa Netanyahu mencampuradukkan pernyataan saat menanggapi serangan dari Iran, mirip dengan yang dilakukannya terhadap Gaza.

Beberapa pengamat bahkan bertanya-tanya mengapa Israel membunuh jenderal Iran di Damaskus dan apakah pemimpin Israel sudah mempertimbangkan dampaknya dengan cermat.

BACA JUGA:Iran Pakai Taktik Rusia Hadapi Israel: Kuras Sistem Pertahanan Udara

Shimon Schaefer, seorang analis terkemuka di surat kabar Yedioth Ahronoth, menekankan hal ini dalam artikel yang diterbitkan oleh surat kabar Israel tersebut.

Ia bahkan merujuk pada nasihat Konfusius tentang balas dendam yang berujung pada siklus balas dendam tak berkesudahan.

Schaefer memberikan kritik kepada Netanyahu dengan menulis: “Jika kamu pergi berperang untuk membalas dendam, lebih baik menggali dua kuburan. Kuburan yang pertama untuk musuhmu dan kuburan yang kedua untukmu, karena balas dendam akan membawa pada balas dendam.”

Sementara itu, Jaringan NBC Amerika mengutip sumber-sumber di Gedung Putih yang menyatakan bahwa dalam panggilan telepon tadi malam, Biden memberi tahu Netanyahu bahwa Amerika Serikat tidak akan terlibat dalam tindakan ofensif terhadap Iran.

BACA JUGA:Dihantam 100 Drone dan Rudal Iran Kini Israel “Mengemis” ke PBB Minta Sidang Khusus, Loh Katanya Tidak Takut

Jaringan tersebut juga mengutip sumber-sumber di Gedung Putih yang mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap respons Israel yang tergesa-gesa tanpa mempertimbangkan dampaknya dengan cermat.

Para sumber ini menjelaskan bahwa kekhawatiran pemerintah Amerika juga timbul dari cara perang dilakukan di Gaza, serta pembunuhan Zahedi di Damaskus yang menjadi pemicu serangan Iran.

NBC mengutip tiga sumber Amerika yang menyatakan bahwa Biden prihatin dengan kemungkinan Netanyahu menarik Amerika Serikat lebih dalam ke dalam konflik di Timur Tengah.

Media AS lainnya, The New York Times mengutip sumber Israel dan menyatakan bahwa Israel akan berkoordinasi dengan sekutunya dalam menanggapi serangan Iran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber