Laga Iran vs AS: Duel Bermuatan Politis Seperti di Perancis tahun 1998

Laga Iran vs AS: Duel Bermuatan Politis Seperti di Perancis tahun 1998

Pemain Iran, ALi Daei saat melawan AS di Piala Dunia Perancis tahun 1998-Tangkapan Layar Twitter-

RADARTASIK.COM – Pertandingan terakhir penyisihan grup B ditutup oleh laga Iran vs AS, sebuah duel bermuatan politis seperti di Piala Dunia Perancis tahun 1998.

Kedua negara dikenal tidak memiliki hubungan diplomatik yang baik, terbaru, AS menuduh Iran memasok drone tempur ke Rusia dalam perangnya dengan Ukaina yang didukung barat. 

Ketika Amerika Serikat menghadapi Iran untuk pertama kalinya di Piala Dunia di Prancis 1998,  kedua negara secara politis bermasalah atas kepemilikan senjata nuklir.

Sekarang, mereka saling berhadapan lagi dan AS, seperti halnya Iran, membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar.

BACA JUGA:Kisah Boulaye Dia: Dari Tukang Listrik Amatir Menjadi Pahlawan Senegal di Piala Dunia Qatar 2022

Ketegangan sudah dimulai ketika US Soccer secara sengaja memposting bendera Iran dengan menyembunyikan lambang Republik Islam Iran di media sosial.

Iran protes atan tindakan AS, dan menuntut mereka dikeluarkan dari Piala Dunia Qatar 2022.

Momen ketegangan pindah ke ruang pers sebelum bentrokan antara kedua negara, ketika seorang jurnalis Iran menanyai petugas pers AS karena tidak memberikan kesempatan kepada wartawan Iran.

Dalam Piala Dunia 1998 di Prancis, kedua negara bertemu untuk pertama kalinya di Piala Dunia setelah puluhan tahun konflik politik seperti Revolusi Islam dan krisis sandera di kedutaan AS di Iran yang memutuskan hubungan diplomatik kedua negara .

BACA JUGA:Jack Grealish: Brasil Ancaman Terbesar Inggris untuk Menjadi Juara di Piala Dunia Qatar 2022

Laga Iran vs AS, dimainkan pada 21 Juni 1998 dalam babak penyisihan grup Piala Dunia Perancis di Stade de Gerland di Lyon.

Pertandingan digambarkan sebagai "pertandingan paling politis dalam sejarah Piala Dunia" yang diakhiri dengan kemenangan 2–1 untuk Iran, kemenangan pertama tim dalam sejarah Piala Dunia.

Hamid Estilli dan Mehdi Mahdavikia mencetak gol untuk Iran, sementara Brian McBride mencetak gol untuk AS. Kedua tim tidak lolos ke babak 16 besar karena kalah bersaing dengan Jerman dan Yugoslavia.

Tak pilihan bagi Amerika dalam laga Iran vs AS dini hari nanti pukul 02.00 WIB, Paman Sam harus menang atau angkat koper secepatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber