Waduh, 19 Rumah Terancam Longsor di Ciamis, Pergerakan Tanah Semakin Dekat ke Perumahan di Panawangan

Waduh, 19 Rumah Terancam Longsor di Ciamis, Pergerakan Tanah Semakin Dekat ke Perumahan di Panawangan

Sebanyak 19 rumah terancam longsor di Ciamis. Foto: ist--

CIAMIS, RADARTASIK.COM – Sebanyak 19 rumah terancam longsor di Ciamis.

Sebanyak 19 rumah terancam longsor di Ciamis itu berada di pergerakan tanah di Kampung Legok RT/RW 02/03 Desa Indragiri Kecamatan Panawangan, Minggu 27 November 2022. 

Minggu 27 November 2022 pagi pun retakan masih terjadi dan penghuni dua rumah sudah diungsikan untuk menghindari dampak yang lebih parah.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Anwar Hidayat mengatakan, pihaknya mendapatkan kabar adanya pergerakan tanah sejak Kamis, 24 November 2022 dan Minggu 27 November 2022 pun masih terjadi. 

BACA JUGA: Contoh Hebat! Pelajar Garut Sukses Masuk Gedung Kura-Kura DPR RI, Jadi Anggota Parlemen Pelajar

BACA JUGA: Catat, Ini Cara Mudah Membedakan Oli Asli dan Oli Palsu, Paling Gampang Cek Tutup Botol Kemasannya

“Waktu kami ke lokasi memang benar ada pergerakan tanah yang semakin mendekati permukiman warga dan sampai saat ini ada 19 rumah yang terancam, sedang dua di antaranya sudah terdampak longsor dan penghuninya mengungsi,” kata Anwar Hidayat.

“Untuk sisanya ada 17 rumah yang diwaspadai, mereka harus siaga dan barang-barang harus dikemas. Karena kalau musim hujan ini harus meningkatkan kewaspadaan karena rawan, mengingat bencana alam bisa saja terjadi kapan pun,” ucap Anwar Hidayat, menambahkan.

BACA JUGA: UMP Jabar 2023 Naik Signifikan, Good Bye UMK Rp 1,8 Juta, Cek UMK di Jawa Barat Saat Ini

Anwar Hidayat memang beberapa hari ini daerah tersebut terus diguyur hujan, kemudian merupakan daerah rawan bencana yang akibatnya terjadi pergerakan tanah dan mengancam permukiman warga.

Kepala Desa Indragiri Dahlan mengatakan, memang yang mengalami retakan di lokasi terasbut adalah bukitnya, posisinya tepat di atas permukiman warga yang berjumlah 19 rumah. 

BACA JUGA: Hore, Harga BBM Pertamina Akan Turun Lagi, Cek Harga Pertalite, Pertamax dan Solar di 34 Provinsi Hari Ini

BACA JUGA: Kompak Harga BBM Turun, Ini Keunggulan Pakai Pertamax dari Pertalite ke Mesin Kendaraan, Cek di Sini

Maka dari itu, dengan kondisi ini kawasan permukiman tersebut menjadi terancam longsor. Karena di tengah cuaca ekstrem saat ini harus ekstra waspda, karena bencana bisa terjadi kapan saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: