Banjir Tasikmalaya Hari Ini, Kasihan 605 Rumah Penduduk Terendam di Sukaresik, Ketinggian Air Hampir 1 Meter

Banjir Tasikmalaya Hari Ini, Kasihan 605 Rumah Penduduk Terendam di Sukaresik, Ketinggian Air Hampir 1 Meter

Kapolsek Sukaresik, Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Asep Saefullah bersama anggotanya saat mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, 25 Oktober 2022. Foto: istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Bencana banjir TASIKMALAYA hari ini, Rabu, 25 Oktober 2022, tidak hanya melanda Kecamatan Karangnunggal, namun juga Kecamatan Sukaresik Kabupaten TASIKMALAYA.

Akibat hujan deras sejak Selasa 25 Oktober 2022 sore hingga Rabu 26 Oktober 2022 dini hari, Tasikmalaya dilanda banjir.

Banjir Tasikmalaya hari ini, di wilayah Tasikmalaya Selatan atau Tasela, banjir melanda Karangnunggal, sedangkan di Tasikmalaya Utara, banjir melanda Kecamatan Sukaresik.

Kasihan, 605 rumah penduduk terendam di Sukaresik. Air banjir di Kecamatan Sukaresik hampir 1 meter.

BACA JUGA: Banjir di Tasikmalaya Hari Ini, 5 Desa Terisolasi dan Ratusan Rumah Terendam di Kecamatan Karangnunggal

"Ya benar terjadi genangan air (banjir, Red) akibat dari curah hujan dan meluapnya air Sungai Citanduy serta Cikidang," ujar Kapolsek Sukaresik, Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Asep Saefullah.

Iptu Asep Saefullah menerangkan, tadi dini hari sekira pukul 01.00 WIB mulai terjadi banjir di Kampung Hegarsari dan Kampung Bojong Soban, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik.

Banjir di Kecamatan Sukaresik, beber Iptu Asep Saefullah, diakibatkan dari luapan air Sungai Cikidang dan Citanduy karena curah hujan tinggi mulai pukul 16.00 WIB kemarin hingga tadi malam pukul 23.00 WIB.

"Sehingga menyebabkan genangan air di beberapa tempat mulai ketinggian 30 centimeter sampai dengan 50 centimeter dan jalan penghubung antara desa tidak bisa dilalui kendaraan," beber Iptu Asep Saefullah.

BACA JUGA: Obat Gangguan Ginjal Akut Diberikan Gratis, Ampuh Mengobati Pasien yang Minum Obat Sirup Berbahaya

Jalan penghubung antar desa itu kebanjiran dengan ketinggian air bevariasi antara 50 centimeter sampai dengan 70 centimeter. Kendaran roda 2 dan roda 4 tidak bisa melalui jalan penghubung desa tersebut akibat banjir di Kecamatan Sukaresik

"Berdasarkan hasil pendataan kita sawah seluas 10 hektare siap panen terendam banjir, rumah penduduk sebanyak 605 KK di 9 RR terendam air. Tapi ini masih dalam pendataan," tambah Iptu Asep Saefullah.

Jelas Iptu Asep Saefullah, akibat banjir di Kecamatan Sukaresik di Kampung Bojong Soban, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik ketinggian air banjir antara 45 centimeter hingga 60 centimeter tepatnya di RT03, RW08 dan RT04, RW08.

"Saat ini warga terdampak banjir seperti para lansia dan anak-anak dievakuasi ke daerah yang lebih tinggi di Pesantren Al Mutaali," jelas Iptu Asep Saefullah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: