DKP3 Kota Tasikmalaya Dongkrak Produktivitas dan Pendapatan Keluarga Berbasis Komunitas

DKP3 Kota Tasikmalaya Dongkrak Produktivitas dan Pendapatan Keluarga Berbasis Komunitas

DKP3 Kota Tasikmalaya pemberdayaan masyarakat melalui kelompok dalam Program Peningkatan Produktivitas dan Pendapatan Keluarga Berbasis Komunitas (P3KK). -Foto: DKP3 Kota Tasikmalaya-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya, berkontribusi dalam program penanggulangan kemiskinan Kota Tasikmalaya mulai dari tingkat keluarga.

Caranya dengan menggulirkan Program Peningkatan Produktivitas dan Pendapatan Keluarga Berbasis Komunitas (P3KK). 

Kepala DKP3 Kota Tasikmalaya Drs H Adang Mulyana MM menjelaskan, tingginya angka kemiskinan di Kota Tasikmalaya dan salah satunya terdapat pada sektor pertanian dan perikanan.  

Mengacu pada Perwalkot Nomor 20 Tahun 2015, tentang Pedoman Program Peningkatan Produktivitas dan Pendapatan Keluarga Berbasis Komunitas; merupakan program penanggulangan kemiskinan yang menitikberatkan pada pemberdayaan ekonomi masyarakat, guna meningkatkan produktivitas, pendapatan dan penghidupannya. 

BACA JUGA:Peringati Hari Jadi Kota Tasik, Hanya Upacara Lalu Gunting Pita

Menurutnya, melalui penguatan kapasitas keluarga dan pengembangan usaha ekonomi produktif dan kreatif dalam suatu komunitas atau kelompok. 

"Sampai dengan tahun 2022, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya secara kuantitas telah memenuhi target Program Penanggulangan Kemiskinan sesuai target di RPJMD bahkan melebihi target yaitu sebanyak 1.588 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang menerima bantuan program dalam kurun waktu 5 tahun," paparnya.

Target program P3KK tingkat Kota Tasikmalaya sendiri, setiap tahunnya dipatok 600 rumah tangga, sasaran sesuai dengan target pada RPJMD. 

Sementara dinas sendiri diberi target 300 RTS  per tahun dengan total 1.500 RTS dalam 5 tahun. Terlampauinya target tersebut sekaligus menjadi kado pada Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-21.

BACA JUGA:Harapan Wali Kota Tasikmalaya dari Balap Sepeda Criterium: Menyemangati Munculnya Atlet Baru yang Potensial

"Alhamdulillah progres selama 5 tahun ini rata-rata target yang diemban dinas kami terealisasi, dan alhamdulillah secara kumulasi melebihi target yang ditetapkan," kata Adang. 

DKP3 KOta Tasikmalaya pada program penanggulangan kemiskinan ini juga melakukan pengembangan produktivitas masyarakat. 

Yakni menggulirkan Program Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari  (KRPL) atau Pekarangan Pangan Lestari (P2L). 

Melalui program unggulan pada Bidang Ketahanan Pangan, dengan sasaran memanfaatkan lahan pekarangan secara intensif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: