Mengenal Jenis Batuk dan Obat Herbalnya

Mengenal Jenis Batuk dan Obat Herbalnya

Ilustrasi penyakit yang muncul di musim pancaroba ada pilek, flu, batuk dan demam.-Foto:tangkapanlayar/disway.id-

5. Batuk pada anak

Meskipun anak-anak dapat mengalami batuk yang sama seperti orang dewasa, beberapa anak mengalami batuk yang terdengar seperti anjing laut menggonggong. Mengonsumsi ramuan kencur bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. 

BACA JUGA:Konsumsi Es Teh Manis Boleh Saja, Tapi Jangan Berlebih Ya Bisa Kena Diabetes Akut Tidak Bisa Disembuhkan

Ramuan kencur yang dicampur dengan garam sudah lama dikenal sebagai obat tradisional batuk berdahak.

Selain bisa menjadi obat batuk, ternyata bahan herbal ini sering dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara sekaligus membuat tenggorokan terasa lebih lega. 

Kencur diketahui memiliki berbagai komposisi zat yang terkandung, yakni: Pati; Mineral; Sineol; Asam metil kanil; Asam sinamat; Etil ester; Borneol; Kamphene; Paraeumarin; Asam anisat; Alkaloid; Gom. 

Selain itu, senyawa kimia lainnya yang ada di dalam kencur yakni etil p-metoksisinamat, p-metoksistiren, karen, borneol, dan parafin. 

Di antara kandungan kimia ini, etil p-metoksisinamat merupakan komponen utama dari kencur.

BACA JUGA:Konsumsi Gula Berlebih Bisa Bikin Obesitas, Tapi Gula Juga Bermanfaat untuk Metabolisme

Berikut 4 manfaat air kencur yang ampuh untuk kesehatan seperti dilansir dari GenPI.co: 

1. Menghilangkan Stres

Sebuah penelitian yang dilakukan Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh, berhasil menemukan manfaat kencur. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.

Hasil penelitian tersebut turut menguatkan tentang manfaat kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Oleh sebab itu, banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat yang digunakan untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi. 

2. Mengobati Diare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber