Kondisi Cuaca di Tasikmalaya Tak Menentu, Waspadai Penyakit Flu dan Diare

Kondisi Cuaca di Tasikmalaya Tak Menentu, Waspadai Penyakit Flu dan Diare

Direktur RSUD Singaparna Medika Citrautama Kabupaten Tasikmalaya, dr Iman Firmansyah saat menjelaskan penyakit flu dan diare. ujang nandar / radartasik.com--

Kondisi Cuaca di Tasikmalaya Tak Menentu, Waspadai Penyakit Flu dan Diare 

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Kondisi cuaca yang tidak menentu di wilayah Tasikmalaya, diduga menjadi pemicu terjadinya penyakit diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Kondisi itu akan sangat rentan saat ini terjadi yang kadang-kadang turun hujan dan panas terik.

Direktur RSUD Singaparna Medika Citrautama Kabupaten Tasikmalaya, dr Iman Firmansyah mengatakan, hingga saat ini belum ada peningkatan terkait kedua kasus penyakit tersebut.

BACA JUGA:8 Jurus Cheka dalam Kegiatan Proyek Investasi Potensial di Kota Tasikmalaya

Namun antisipasi sangat penting dilakukan oleh masyarakat. Apalagi saat ini sudah memasuki pergantian musim dan juga cuaca yang tidak menentu.

"Gejala-gejala tersebut kerap muncul di masyarakat saat ini," katanya, Rabu 14 Juni 2023.

Hingga saat ini, terang dia, pihak RSUD SMC belum begitu banyak menerima rujukan dari Puskemas, yang berkenaan dengan kedua penyakit itu. 

“Kita hanya menerima rujukan dari Puskesmas yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Biasanya memang kalau musim pancaroba, angka yang terkena diare serta ISPA meningkat. Alhamdulilah ada tapi tidak signifikan," terangnya.

BACA JUGA:AHM Luncurkan New XL750 TRANSALP, Teman Baru Bagi Penjelajah Jalanan

Selain itu, kata dia, RSUD SMC masih menangani penyakit yang berhubungan dengan pernafasan hingga covid-19 yang masih ada dan ditemukan. Bahkan masih membuka ruang isolasi, termasuk ruangan tekanan negatif. 

"Sekarang masih ada (Covid-19, Red), satu dua orang ya. Kasus diare masih belum masuk Kejadian Luar Biasa (KLB). Kalau masih dua orang saja masih wajar, karena memang belum signifikan,” bebernya.

Oleh karena itu, tambah dia, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, menjaga pola makan dan minum.

"Tetap masyarat harus terus menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit diare dan ISPA ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: