Tasik Utara Kejar Kuota DOB di Jabar, Yod Mintaraga Bantu di Tingkat Provinsi

Tasik Utara Kejar Kuota DOB di Jabar, Yod Mintaraga Bantu di Tingkat Provinsi

Anggota DPRD Jabar Yod Mintaraga (kiri) bersama Ketua Presidium DOB Tasik Utara Ato Rinanto talkshow di Radar TV terkait pemekaran Tasik Utara.-Tangkapan layar Radar TV-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMPresidium Persiapan Pemekaran Daerah Otonomi (DOB) Tasikmalaya Utara tengah mempersiapkan dan merampungkan berkas administrasi dalam bentuk dukungan dan persetujuan desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh dan seluruh elemen masyarakat.

Hal tersebut dilakukan agar usulan DOB Tasik Utara bisa segera disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, di mana nantinya akan dilakukan kajian terhadap lokasi atau wilayah pemekaran.

Ketua Presidium Persiapan Pemekaran DOB Tasik Utara Ato Rinanto SIP mengatakan, kebutuhan DOB bukan sekadar untuk warga Tasik Utara. Ini mutlak menjadi kebutuhan bagi wilayah Provinsi Jawa Barat.

Dengan jumlah penduduk lebih dari 34 juta jiwa, Jabar seharusnya bisa lebih banyak memiliki kabupaten/kota lebih dari 27 yang saat ini ada.

BACA JUGA: Erick Thohir Sindir Balik Hacker Bjorka, Sebut Ada Data yang Salah, Nah Loh!

Seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur kota/kabupatennya lebih banyak, sehingga percepatan pembangunan dan pelayanan lebih efektif dan kesejahteraan masyarakat tercapai.

Dia menyebutkan adapun dalam hal progres saat ini, presidium tengah mengumpulkan berkas penandatanganan dari para ketua BPD dan desa serta elemen masyarakat lainnya, yang bertahap sudah masuk ke Presidium DOB Tasikmalaya Utara.

Sementara untuk dua kecamatan lagi, kata dia, masih dalam proses pengumpulan dukungan dan persetujuan. Namun, pada umumnya semua mendukung pemekaran Tasik Utara.

”Kita targetnya di bulan September ini bisa selesaikan usulan ke pemerintah daerah dan DPRD. Ya kita harapkan paling di tanggal 20 September bisa tuntas usulannya ke pemerintah daerah,” kata Ato kepada Radar, Senin 12 September 2022.

BACA JUGA: Mantap! Persib Bandung dan Persebaya Surabaya Disebut-sebut Akan Hadapi Borussia Dortmund

Dia menambahkan, dengan melihat sisa kuota usulan pemekaran DOB di wilayah Jawa Barat ini yang tinggal ada enam sampai tujuh kabupaten lagi, apabila dilihat dari sisi infrastruktur, SDM, PAD termasuk jumlah penduduk dan letak geografis, sangat kuat sekali peluang DOB Tasik Utara masuk. 

”Jadi kita memiliki potensi dan peluang besar untuk DOB Tasik Utara, kita lebih baik dari daerah atau kabupaten yang sama mengusulkan pemekaran dan muncul di wilayah Jawa Barat ini,” ungkap dia. 

Sehingga, tambah dia, dalam rangka melaksanakan ikhtiar maksimal, secara administratif terpenuhi. Kemudian, dalam kerangka meningkatkan percepatan pelayanan publik dan pembangunan di wilayah Utara maka harus dilaksanakan pemekaran. 

Tokoh Masyarakat Tasik Utara yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Yod Mintaraga mengatakan progres soal DOB Tasik Utara yang sudah selain Presidium Tasik Utara sudah dibentuk juga sedang melengkapi persetujuan dari desa-desa dan BPD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: