Empat Sekawan

Empat Sekawan

--

SUDAH PENGALAMAN.. Kita-kita yang sudah usia 70an ini sebenarnya sudah pengalaman berganti-ganti BAHAN BAKAR MASAK (BBM).. Lengkap dengan semua istilah dan singkatannya. Ini urutannya.. KB = kayu bakar (tahun 1950an) AH = arang hitam (tahun 1960an awal) MT = minyak tanah (tahun 1970an awal) LPG = orang tua sulit nulis kepanjangannya, tapi anggap aja: Lha.embuh. Pokoke Gas (tahun 80an). KL = (kompor) listrik (dari tahun 70an sudah ada,). Jadi kalau nanti mau ganti, ya gpp. @manut opo jare Pamarentah bae lah..

Cah Kene ae

Pak Dahlan, Kalo ada waktu lodhang mohon dibahas tentang Bentoel. Kapan itu pas lewat depan pabriknya terbaca tulisan; "Bentoel A Member of BAT GROUP" Ini menarik. Ternyata Tuan Bruce Wayne berinvestasi di Indonesia.

EVMF

tumben Oom Budi Utomo hari ini menulis komentarnya berdasarkan banyak referensi. Mengenai pertanyaan pada komentar di bawah : apakah LNG (CH4 / Methane) bisa diubah menjadi LPG (C3H8 / Propane) ataupun (C4H10 / Butane)? Reaksi Kimia yang memungkinkan justru sebaliknya : C4H10 → CH4 + C3H6

Budi Utomo

Setelah saya baca-baca referensi mengenai LPG (propana, butana) dan LNG (metana) ternyata Gas Alam / NG / Natural Gas berbeda-beda komposisi gasnya. Ada yang mengandung metana 90% dan etana 10% tapi ada juga yang mengandung metana 60% dan mengandung propana serta butana. Propana dan butana adalah bahan baku LPG. Kesimpulannya produksi LNG kadang menghasilkan by product berupa propana dan butana. Antara 0% hingga 20%. Rata-rata hanya 5%. Jadi LPG tidak hanya dari refining crude oil tapi juga bisa dari by product (produk samping An) of LNG production. 

ibnuhidayat setyaningrum

Aku punya teman. Dia pernah menjadi selles kompor listrik. Ketika menawarkan kompor listrik kepada seseorang, dia ditanya enak mana memasak menggunakan kompor listrik dan kompor LPG. Temanku menjawab, "Enak menggunakan kayu bakar, rasa masakan lebih alami, murah, dan penuh cerita perjuangan." Lalu, besoknya temanku dipecat dari pekerjaannya.

*) Dari komentar pembaca http://disway.id 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: