Mengenang Tjahjo Kumolo: Figur Besar yang Sangat Humanis, Dianggap Ayah di Lingkungan KemenPAN RB

Mengenang Tjahjo Kumolo: Figur Besar yang Sangat Humanis, Dianggap Ayah di Lingkungan KemenPAN RB

"Jumlah kami sangat sedikit, 4.017 personil dan tidak bisa memenuhi kebutuhan Indonesia yang luas, tapi di kepemimpinan beliau, beliau bisa memahami itu dan juga memberikan jalan dan peluang untuk bisa membuat berkembang organisasi kami," bebernya. 

Diketahui, Basarnas sendiri berada di bawah KemenPAN RB dalam hal untuk memperbaiki kinerja dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Basarnas. 

Hendri beserta jajarannya menyampaikan rasa duku citanya kepada keluarga yang ditinggalkan oleh Tjahjo Kumolo pada Jumat, 1 Juli 2022.

Sudah Dianggap Seperti Ayah

Sosok Tjahjo Kumolo di lingkungan KemenPAN-RB sudah dianggap sebagai ayah karena memiliki rasa empati dan perhatian yang tinggi kepada para pegawainya. 

"Kami semua seluruh pegawai Kementerian Pan RB merasa kehilangan sosok yang begitu baik dan sosok yang betul-betul seperti ayah kami sendiri karena beliau sangat-sangat memperhatikan seluruh pegawai," ujar Sekretaris Menpan RB, Rini Widyantini kepada media saat konferensi pers, Jumat, 1 Juli 2022.

Tidak hanya itu, Tjahjo Kumolo juga memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat baik kepada para pegawainya sehingga banyak pegawai yang merasa senang dekat dengan sosok Almarhum. 

"Pak Tjahjo itu sosok pimpinan yang bijak dan jiwa kepemimpinan beliau itu selalu dengan pendekatan kekeluargaan," ungkap Rini. 

Rini menambahkan bahwa Tjahjo Kumolo merupakan seorang pemimpin yang tegas dan bisa menyelesaikan permasalahan dengan baik dan mudah. 

"Setiap persoalan-persoalnya yang disampaikan selalu dapat diselesaikan dengan cepat dan lugas," lanjutnya. 

Sebelum dikabarkan meninggal dunia Jumat, 1 Juli 2022, Tjahjo Kumolo sempat dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat selama dua minggu. 

Selama masa perawatannya, seluruh pegawai di KemenPAN-RB sering sekali menggelar doa bersama untuk kesembuhan Almarhum. 

"Selama di rumah sakit, kita seluruh pegawai selalu mendoakan beliau karena saya tahu beliau sangat-sangat dicintai oleh seluruh pegawai sehingga banyak sekali yang mendoakan Tjahjo Kumolo selama beliau sakit," jelas Rini. 

Selain itu, sempat beberapa kali pegawainya melakukan kegiatan zoom meeting untuk sekedar mengetahui kondisi Tjahjo Kumolo selama masa perawatan.

"Kita hanya bisa via zoom ya karena bapak memang tidak bisa terus-menerus untuk ditengok begitu," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id