Ini Profil Abdullah Azwar Annas, Mantan Ketua Umum IPNU yang Jadi Menpan RB, Gantikan Almarhum Tjahjo Kumolo

Ini Profil Abdullah Azwar Annas, Mantan Ketua Umum IPNU yang Jadi Menpan RB, Gantikan Almarhum Tjahjo Kumolo

Profil lengkap Abdullah Azwar Anas Sebagai MenPAN-RB yang baru menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo. Foto: Muchlis Jr.-BPMI Setpres--

JAKARTA, RADARTASIK.COM— Siang ini, Rabu, 7 September 2022, Abdullah Azwar Annas akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan peran almarhum Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB.

Berikut ini profil dan sepak terjang Abdullah Azwar Annas. 

Abdullah Azwar Annas merupakan pria kelahiran Banyuwangi, 6 Agustus 1973.

BACA JUGA: Agenda Kota Tasik Hari Ini, Rabu 7 September 2022, Pembukaan Job Fair 2022 hingga Diskusi Budaya Kelom Geulis

Abdullah Azwar Annas tumbuh besar di ruang lingkup pesantren sampai pernah menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) saat kuliah.

Abdullah Azwar Annas pernah berkuliah di dua universitas sekaligus, yakni Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada 1994-1999 dan Fakultas Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta pada 1992-1998.

Adapun untuk pendidikan master, Abdullah Azwar Annas menimba ilmu di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (UI) pada 2002 dan lulus 3 tahun setelahnya pada 2005.

BACA JUGA: Siang Ini, Abdullah Azwar Anas Akan Dilantik Presiden Jokowi Jadi Menpan RB

Abdullah Azwar Annas memulai karier politiknya pada 1997 menjadi anggota termuda Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari utusan golongan.

Selain itu ia sempat gabung juga menjadi anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001 untuk menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PKB.

Lanjut, Azwar Anas terpilih menjadi anggota DPR RI mewakili daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur III pada tahun 2004.

BACA JUGA: Ingat Ya Mas Nadiem: Tunjangan Guru Itu Hak Guru, Tidak Bisa Ditawar Lagi dan Jangan Coba Dihapus

Meski sempat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2009, tetapi ia akhirnya tidak lolos.

Pada tahun 2010, Abdullah Azwar Annas ikut bersaing dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi dengan pasangannya, Yusuf Widyatmoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id