Kritik Sosial Lewat Opera Kecoa

Kritik Sosial Lewat Opera Kecoa

Sedangkan dari keterkaitan segi sosial merupakan gambaran kritikan terhadap para petinggi yang kurang memperhatikan kehidupan rakyat kecil dan penggambaran  kehidupan para PSK dan waria yang menjalani kehidupan selalu bergantung pada penghasilannya sebagai PSK, hal tersebut tentunya merupakan  pelanggaran dari norma agama, hukum, dan berbenturan dengan budaya Timur yang lekat  dengan Indonesia. 

Ketiga, segi politik dalam naskah ini yaitu kritikan bagi pemerintah  karena menghalalkan segala cara demi menimbulkan citra baik di masyarakat  internasional, bahwa Indonesia merupakan negara yang tertib dan saling menghormati. ”Selain itu, secara tersirat N Riantiarno mengkritik tentang bagaimana aparat keamanan dan pemerintahan yang menggunakan kekuasannya untuk kepentingan dirinya sendiri,” paparnya.

Lanjut Fawzan, keterkaitan pengarang dengan Trilogi Opera Kecoa ini bisa dilihat dari latar  belakang N Riantiarno yang berasal dari keluarga yang tinggal di pesisir dan umumnya  memiliki perekonomian menengah ke bawah. Dengan hal tersebut, tentu N Riantiarno tahu bagaimana kerasnya keadaan yang dialami oleh masyarakat menengah ke bawah.  

Selain latar belakang tersebut, N Riantiarno juga pernah menjadi seorang wartawan,  pastinya pada saat itu memiliki informasi yang cukup tentang bagaimana kondisi di negara  ini, baik itu segi ekonomi, sosial budaya, politik, dan sebagainya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: