Kritik Program Penggalihan Kompor Elpiji ke Kompor Listrik, Mulan Jameela Panen Pujian dari Emak-emak

Kritik Program Penggalihan Kompor Elpiji ke Kompor Listrik, Mulan Jameela Panen Pujian dari Emak-emak

Sikap Mulan Jameela yang mengkritik program konversi kompor gas elpiji 3 kg ke kompor listrik dipuji netizen, khususnya emak-emak. Foto: jpnn--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Rencana pemerintah yang akan menerapkan program konversi atau pengalihan kompor gas elpiji 3 kg ke kompor listrik menuai kritikan tajam dari banyak pihak. Salah satunya kritikan tersebut datang dari bebeberapa anggota DPR RI.

Nah, di antara anggota DPR RI yang mengkritik program konversi kompor gas elpiji 3 kg ke kompor listrik itu adalah Mulan Jameela.

Dalam video yang beredar, istri Ahmad Dhani itu menyampaikan kritiknya tentang pengunaan kompor listrik tersebut saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementrian Perindustrian di Gedung DPR baru-baru ini.

Mulan Jameela mempertanyakan harga kompor listrik yang bakal sebagai pengganti kompor gas elpiji 3 kg itu yang harganya mencapai Rp1,5 juta.

 BACA JUGA: Ketua DPRD Tasik Minta BPR CIJ Bersih-Bersih Jika Ada Oknum Terlibat dalam Kasus Kredit Jaminan Kerja Fiktif

BACA JUGA: Tak Terima Ade Yasin Divonis 4 Tahun, Pendukung Mengamuk, Kuasa Hukum angsung Nyatakan Upaya Banding

Menurut perempuan asal Malangbong Garut itu, apakah harga tersebut sudah termasuk dengan perlengkapan memasaknya juga atau kompornya saja. Karena lanjut Mulan, kompor listrik tidak boleh menggunakan alat sembarang.

“Sudah termasuk wajan sama panci nggak, apakah tersedia berbagai ukuran. Kalau ibu-ibu baliknya pasti ke situ. Apalagi wajan sama pancinya harganya mahal-mahal,” ujarnya.

Mulan pun menjelaskan kritikannya terhadap program konversi kompor gas elpiji 3 kg ke kompor listrik itu bukan semata karena dirinya sebagai anggota DPRm tapi juga sebagai emak-emak yang paham bagaimana repotnya kalau kompor listrik ini digunakan.

“Jujur saya bicara di sini, kapasitasnya sebagai anggota DPR RI, juga emak-emak. Di rumah kita enggak ngomongin masyarakat yang kurang mampu, kami punya kompor listrik tetap tidak bisa lepas dari kompor gas,” sebutnya.

BACA JUGA: Pamer Alat Vital kepada Siswi yang Hendak Berwudhu, Pria Bertato Sempat Kabur Dengan Celana Melorot 

BACA JUGA: BKN Ungkap Temuan Kejanggalan dan Mengejutkan dalam Proses Pendataan Non-ASN, Kok Bisa!

Mulan menilai kompor listrik tidak cocok berbagai menu masakan Indonesia, yang butuh waktu lama untuk memasaknya.

“Karena masakan Indonesia beda, bukan kayak masakan orang bule, apalagi kalau ada hajatan mana cukup kita kalau kompor listrik,” sambungnya.

Mantan penyanyi Duo Ratu itu mengaku paham Kementrian Perindustrian hanya menjalankan mandat, di mana kompor listrik diharapkan bisa menekan laju impor gas elpiji.

Namun demikian, dia berharap ada pertimbangan yang tepat nantinya. “Mbok ya dipikir, ini benar-benar menimbulkan masalah lagi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Aceh Diguncang Gempa Bumi 6,4 Magnitudo, BMKG Ingatkan Masyarakat Hindari Bangunan yang Retak 

BACA JUGA: Berselang Satu Menit Sebelum Aceh, Gempa 5.4 SR Guncang Wakatobi

Beruntung belakangan, setelah menuai banyak kritik dari berbagai pihak pemerintah akhirnya menunda penerapan program konversi ke kompor listrik itu, dan tidak akan diberlakukan pada 2022 ini.

Atas keputusan terbaru pemerintah tersebut, lewat postingan di akun Instagram-nya, pada Jumat 23 September 2022, Mulan mengaku bersyukur atas keputusan pemerintah itu.

“Setelah melewati beberapa rapat Komisi dan perjuangan yang cukup panjang, alhamdulillah pemerintah yang diwakili oleh Bapak Menteri ESDM mengabulkan permintaan kami terkhusus dari @fraksipartaigerindra. Yaitu membatalkan penghapusan daya 450 kwh dan mengkaji ulang program konversi kompor gas 3 kg ke kompor listrik (tidak ada penghapusan program LPG subsidi 3kg). Terima kasih Pak Menteri,” tulis Mulan.

Nah, atas kritik dan sikap Mulan Jameela terkait program konversi kompor gas elpiji 3 kg ke kompor listrik itu, netizen pun memuji aksi istri Ahmad Dhani itu.

BACA JUGA: Polisi Tangkap 5 Muncikari Prostitusi Online Anak di Pasar Minggu, Diduga Ada Keterlibatan Manajemen Hotel 

BACA JUGA: Wow! Piton Sepanjang 7 Meter Ditemukan Warga Muna Barat, Butuh 9 Orang Buat Menggotongnya

“Terima kasih bu, sudah mewakili suara hati ibu-ibu rumah tangga di seluruh indonesia, tolak kompor listrik,” komen netizen di postingan Mulan.

“Nuhun teh @mulanjameela1 Atos nyuantenken suantena emak emak,” sambung yang lain.

“Terimakasih mba, aspirasi rakyat tersampaikan,” tulis warganet.

“Masya allah tabarakallah, makasih mba mulan, kata hati emak-emak,” puji netizen.

BACA JUGA:Kemenag Sebut Bakal Cairkan Tunjangan Insentif 210 Ribu Guru Madrasah Non PNS Paling Lambat November 2022

Sementara itu, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto Jumat 23 September 2022 menyatakan sesuai dengan arahan Presiden RI Jokowi, pemerintah belum memutuskan konversi kompor LPG 3 kg jadi kompor listik pada 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pojoksatu /jpnn