Kemenag Pantau Hilal di Pantai Sidangkerta, Jika Cuaca Cerah Wujud Hilal Terlihat

Kemenag Pantau Hilal di Pantai Sidangkerta, Jika Cuaca Cerah Wujud Hilal Terlihat

Radartasik, TASIKMALAYA - Badan Ru'yat dan Hisab Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten TASIKMALAYA menggelar pemantauan hilal di Pantai Sindangkerta Kecamatan Cipatujah untuk penentuan awal Syawal 1443 H, pada Minggu (01/05/2022).

Humas Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Fajri Adi Nugraha mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya pada tahun ini Badan Ru'yat dan Hisab Kemenag Kabupaten Tasikmalaya kembali melakukan pemantauan hilal untuk penentuan satu Syawal 1443 Hijriah di Pantai Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. 

BACA JUGA:H-1 Lebaran, Arus Lalin di Jalur Gentong Tasikmalaya Semakin Padat

Dua unit teleskop "canggih" telah disiapkan Kemenag untuk pemantauan hilal tersebut.

"Kami mengikutkan perwakilan pemerintah, ormas keagamaan, aparat hingga masyarakat sekitar untuk pemantauan hilal kali ini, " katanya kepada radartasik.com, Minggu (01/05/2022).

BACA JUGA:Sore Ini Sidang Isbat Awal Syawal, Kemenag : Posisi Hilal Lebih 4 Derajat, Idul Fitri Diprediksi akan Bareng

Fajri pun mengungkapkan jika cuaca cerah diprediksi hilal akan terlihat, karena berdasarkan perhitungan hisab hilal sudah berada di atas ufuk atau di atas empat derajat.

"Saat ini hilal akan terlihat karena berdasarkan hisab sudah empat derajat di atas ufuk," katanya.

Selain mengunakan metode ruyatul hilal, sambung Fajri, untuk penentuan pergantian bulan hijrah juga menggunakan metode falaqiah dan hisab. 

BACA JUGA:Geng Motor di Kota Tasikmalaya Berulah: Geber-Geber Knalpot Bising, Berakhir Setelah Diamankan Polisi

"Nantinya hasil pengamatan hilal dilaporkan langsung kepada Kementrian Agama sebagai bahan pertimbangan penentuan satu syawal 1443 hijriah yang akan ditentukan pada sidang isbat nanti sore," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: