H-1 Lebaran, Arus Lalin di Jalur Gentong Tasikmalaya Semakin Padat

H-1 Lebaran, Arus Lalin di Jalur Gentong Tasikmalaya Semakin Padat

Radartasik, KABUPATEN TASIK - Arus kendaraan para pemudik yang melintasi jalur lingkar Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya saat hari H-1 Lebaran, Minggu (01/05/22), terus mengalami lonjakan.

Kendaraan yang melintasi jalur tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua serta kendaraan pribadi roda empat.

BACA JUGA:Sore Ini Sidang Isbat Awal Syawal, Kemenag : Posisi Hilal Lebih 4 Derajat, Idul Fitri Diprediksi akan Bareng

Meningkatnya volume kendaraan yang melintas ke jalur Gentong tersebut membuat laju kendaraan pun tersendat.

Asep Supritana, salah seorang pemudik yang menggunakan mobil pribadi dari Lebak, Banten munuju Banjarsari, Ciamis mengatakan, dirinya kembali mudik bersama keluarga pada tahun ini lantaran sudah 2 tahun tidak pulang kampung lantaran pandemi Covid-19.

"Perjalanan mudik kali ini lumayan macet parah. Kalau perjalanan lancar dan normal dari Banten ke Ciamis itu 10 sampai 12 jam. Sekarang sudah hampir 20 jalan di perjalanan saya," paparnya.

BACA JUGA:Cerita Pemudik Asal Ciamis Bawa Domba-Kucing Mudik dari Bandung, Jika Ditinggal, Takut Mati Kelaparan

Asep menjelaskan dirinya mulai mengalami kemacetan saat melintasi jalur Cianjur, lalu di Nagreg dan kini di Gentong. Dia mengakui mulai masuk daerah Gentong sekitar pukul 09.00 WIB dan hingga pukul 13.00 masih tersendat.

Waka Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Agus Syafrudin menuturkan, kepadatan arus kendaraan ini terjadi dari mulai perbatasan Kabupaten Garut hingga perbatasan Kabupaten Ciamis.

"Ini adalah puncaknya arus mudik. Sampai saat ini dari Garut sampai perbatasan Ciamis kendaraan padat. Hari ini padat sekali, jumlah kendaraan jauh lebih banyak dari biasanya,” tutur Kompol Agus.

BACA JUGA:Kawasan Kota dan Jalur Lingkar Gentong Padat Merayap Sepanjang 4 Km

Sementara itu, untuk mengurai kemacetan di Jalur Gentong hingga Ciawi, Polres Tasikmalaya Kota melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan one way. (rezza rizaldi / radartasik.disway.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: