Besok 15 Ribu Sapi dan 10 Ribu Kambing Disembelih, Hari Raya Idul Adha di Kabupaten Tasikmalaya

Besok 15 Ribu Sapi dan 10 Ribu Kambing Disembelih, Hari Raya Idul Adha di Kabupaten Tasikmalaya

Penempelan stiker sapi sehat oleh petugas kesehatan hewan dari DPKPP Kabupaten Tasikmalaya, beberapa waktu lalu. istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Pada Idul Adha 1445 Hrijiyah tahun 2024 ini, Kabupaten Tasikmalaya membutuhkan 15 ribu ekor sapi serta 10 ribu ekor kambing dan domba untuk keperluan kurban.

Kabid Peternakan DPKPP Kabupaten Tasikmalaya, Asep Yanto Risdiyanto menyatakan, kebutuhan hewan kurban biasanya meningkat sebesar 5 persen setiap tahunnya. 

"Tahun sebelumnya, jumlah sapi yang dikurbankan mencapai 15 ribu ekor. Tahun ini, jumlahnya diperkirakan tidak jauh berbeda, meskipun biasanya ada peningkatan," katanya kepada radartasik.com, Minggu 16 Juni 2024.

Untuk kambing dan domba, kebutuhan juga mencapai 10 ribu ekor. Asep menerangkan, bahwa kambing masih didatangkan dari luar daerah seperti Garut dan sekitarnya.

BACA JUGA:PKBI Targetkan Zero Stunting, Posyandu Remaja Diresmikan di Kabupaten Tasikmalaya

Dia memastikan kebutuhan tersebut akan terpenuhi tanpa kekurangan, mengingat stok hewan kurban yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Meskipun stok sapi untuk memenuhi kebutuhan itu didatangkan dari luar daerah," terang Asep. 

Dia menambahkan, jika hanya mengandalkan ternak sapi lokal, populasi sapi di Tasikmalaya akan habis. 

"Kita masih mendatangkan sapi dari luar seperti Jawa Timur. Bahkan, kebutuhan se-Jawa Barat masih dipenuhi dari Jawa Timur," tambah Asep.

BACA JUGA:Ini Alasan Bojan Hodak Ingin Membawa 11 Pemain Inti Persib untuk Liga 1 2024/2025

Asep juga menekankan bahwa hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah tetap akan melalui pemeriksaan kesehatan sebelum disembelih. 

"Kami akan memeriksa dokumen dan kesehatan hewan-hewan tersebut sebelum masuk, biasanya pengecekan dilakukan di pasar hewan," jelasnya.

Dengan persiapan dan pengecekan yang matang, diharapkan kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini dapat terpenuhi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: