3 Jenis Kudapan Tradisional Ini Terbuat dari Tepung Beras Tapi Rasanya Benar-benar Beda

3 Jenis Kudapan Tradisional Ini Terbuat dari Tepung Beras Tapi Rasanya Benar-benar Beda

Tiga jenis kudapan tradisional yang terbuat dari tepung beras.-Foto: Tangkapan layar Instagram/@ayudiahrespatih, @infogarut/reka foto-

Asal usul nama kue cucur diambil dari bahasa Jawa yang artinya pancuran atau kucuran. Pengertian ini berhubungan dengan cara membuatnya. 

Di Malaysia, dikenal sebagai kuih cucur. Sedangkan di Brunei disebut kuih pinyaram.

Kue cucur juga memiliki nama berbeda di Thailand, yaitu khanom fak bua atau khanom chuchun. Sementara di India dikenal dengan nama Neyyappam.

BACA JUGA: Dengar Suara Wanita Teriak Minta Tolong di Sungai Citanduy Kota Banjar, Korban Tenggelam Akibat Terpeleset

3. Ali Agrem, Kudapan Renyah dari Karawang

Ali Agrem adalah makanan tradisional dari Karawang. Namanya menggambarkan bentuk lingkaran dengan lubang di bagian tengah seperti cincin, yang dalam bahasa sunda disebut ali.

Ali agrem dibuat dari tepung beras, santan, dan gula kawung (gula palem), menciptakan rasa manis dan tekstur yang renyah.

Sementara itu di daerah Pandeglang, Banten, ali agrem dikenal sebagai Paniarem, sebuah kue tradisional yang populer di daerah Menes dan sekitarnya. 

Ali agrem memiliki ukuran yang mirip dengan kue donat, dengan cita rasa yang serupa dengan kue cucur dan burayot. 

Ketiga makanan tradisional yang dibahas di atas, yaitu Burayot, kue cucur, dan ali agrem, bisa menjadi pilihan lezat untuk dinikmati saat Hari Raya Idul Adha nanti. 

Burayot, dengan rasa manis dan gurihnya, bisa menjadi camilan yang unik di samping hidangan daging kambing atau sapi yang biasa disajikan saat Idul Adha. 

Begitu juga dengan kue cucur, tekstur renyah dan rasa manisnya yang khas, bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. 

BACA JUGA: Tawarkan Beasiswa Sebesar Rp 12 Juta, Beasiswa Pendidikan Pemimpin Indonesia 2024 Dibuka untuk Mahasiswa

Sedangkan ali agrem, dengan cita rasa yang tak kalah nikmatnya, juga bisa menjadi pilihan cemilan enak saat Idul Adha. 

Jadi, selain menikmati hidangan daging khas Idul Adha, anda juga bisa mencicipi ketiga kudapan tradisional ini untuk menambah kehangatan dan kebersamaan saat perayaan Idul Adha nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: