Menu Nusantara Jadi Makanan Jemaah Haji Indonesia Saat di Tanah Suci, Cita Rasanya Selalu Terjaga

Menu Nusantara Jadi Makanan Jemaah Haji Indonesia Saat di Tanah Suci, Cita Rasanya Selalu Terjaga

Petugas dari Kantor Urusan Haji Indonesia di Madinah saat mengecek sampel makanan untuk dikonsumsi jemaah haji Indonesia. Foto: Media Center Haji--

RADARTASIK.COM— Keluarga jemaah haji di Indonesia tidak perlu khawatir jemaah kesulitan beradaptasi dengan makanan. 

Karena perusahaan katering yang menangani makanan bagi jemaah haji Indonesia selalu menyediakan menu masakan yang sesuai lidah orang Indonesia.

Makanan Jemaah haji Indonesia di Madinah salah satunya ditangani katering Nooha. Pemiliknya Abu Abdurrahman, masih berdarah Indonesia. 

"Bumbu untuk memasak saya datangkan langsung dari Indonesia dan juru masaknya juga merupakan orang Indonesia serta para pekerja di sini pun didominasi oleh orang Indonesia,” ujar Abdurrahman.

BACA JUGA: Pemkab Tasikmalaya Salurkan Bantuan 77 Unit Pompa Air, Antisipasi Kelompok Tani Darurat Pangan

BACA JUGA: Cerita Si Unyil yang Abadi, Dikenang Oleh Anak-Anak Lintas Generasi Selama 40 Tahun Lebih

Dengan begitu, cita rasa masakan selalu terjaga. Menurut Abu, ada permintaan dari Kementerian Agama agar bumbu dan juru masak harus dari Indonesia.

Dapur Nooha juga memiliki tim Quality Control (QC). Sebelum makanan ini dibagikan kepada seluruh Jemaah, harus melewati QC. "Hal ini dalam rangka menjaga kehigienisan makanan tersebut,” ujarnya.

Tidak hanya dicek oleh QC Nooha. Contoh makanan juga harus diantar ke Kantor Urusan Haji Indonesia di Madinah terlebih dahulu. Di sana juga dicek oleh tim PPIH Arab Saudi. Jika ada yang kurang layak langsung diinformasikan kepada pihak katering.

Pihak katering juga membuat dua jenis menu. Satu menu reguler dan satu menu khusus untuk lansia. Ini karena ada 45 ribu jemaah Indonesia yang masuk kategori lansia. 

BACA JUGA: Jalan Terjal AS Roma Ke Liga Champions, Atalanta Harus Juara Liga Europa dan Tidak Masuk 4 Besar Serie A

BACA JUGA: Fabio Capello: Pioli Cocok Memimpin Tim Sulit Seperti Napoli, Conceicao Siap Melatih AC Milan

Setiap hari perusahaan katering membuat 80 persen masakan reguler dan 20 persen masakan lansia.

Kepala Seksi Katering PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Madinah Musta’in mengatakan, Nooha adalah salah satu perusahaan katering yang menangani makanan jemaah haji Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: