Giovanni Sartori: Penyerang Cadangan AC Milan yang Sukses Bawa Bologna dan Atalanta ke Liga Champions

Giovanni Sartori: Penyerang Cadangan AC Milan yang Sukses Bawa Bologna dan Atalanta ke Liga Champions

Giovanni Sartori-Tangkapan Layar Youtube-

RADARTASIK.COM – Direktur Bologna, Giovanni Sartori, meraih pujian dari berbagai pihak setelah memastikan timnya lolos ke Liga Champions musim depan.

Sartori merupakan penyerang cadangan AC Milan pada musim 1978-79, tahun dimana Rossoneri meraih scudetto di atas Perugia yang tak terkalahkan, dengan mencatatkan 7 penampilan di Serie A tanpa mencetak gol.

Setelah pensiun sebagai pemain, Sartori kemudian beralih profesi menjadi direktur olahraga untuk ChievoVerona dari tahun 1992 hingga 2014, sebelum akhirnya bergabung dengan Atalanta sebagai direktur teknis dan kini bersama Bologna.

Pencapaian luar biasa Bologna lolos ke Liga Champions musim ini juga menandakan peran penting Sartori dalam kesuksesan tersebut. Ia bahkan dijuluki sebagai pembuat keajaiban dalam dunia sepakbola Italia.

BACA JUGA:Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Golkar dan PKB Makan Malam Bersama, Prolog Kerjasama Politik?

Kisah keajaiban Sartori dimulai ketika ia mencoba peruntungannya sebagai pelatih sebelum beralih menjadi direktur olahraga setelah memutuskan gantung sepatu. 

Perjalanan panjangnya bermula di Chievo pada tahun 1992, dengan membawa klub promosi ke Serie A, meraih posisi kelima dalam klasemen Liga Italia, dan memenangkan Piala UEFA pada musim pertamanya di kompetisi tersebut.

Dua puluh tahun setelah keajaiban bersama Chievo, Sartori mencari tantangan baru, ia bergabung dengan Atalanta di bawah percassi, pemilik klub tersebut. 

Bersama Gasperini, ia membawa Atalanta finis di posisi keempat dalam klasemen Liga Italia dan meraih tiket untuk Liga Europa. Termasuk kemenangan bersejarah perdana di Liga Champions pada tahun 2019.

BACA JUGA:Kyai NU Dukung Badruzzaman Maju di Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Begini kata KH Aban Bunyamin

Pada tahun 2022, Sartori memutuskan untuk beralih ke Bologna. Kali ini, pilihan Sartori terhadap pelatih dan strategi yang tepat juga berhasil membawa Rossoblu lolos ke Liga Champions.

Sentuhan ajaib Sartori selalu berhasil membawa klub medioker menginjakkan kaki di Liga Champions, dan mungkin saja sihirnya kali ini bisa membuat Bologna meraih trofi bergengsi tersebut.

Semoga...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tuttomercato