Hari Ini Waspadai Cuaca Ekstrem Mulai Angin Puting Beliung Hingga Hujan Es

Hari Ini Waspadai Cuaca Ekstrem Mulai Angin Puting Beliung Hingga Hujan Es

Waspadai cuaca ekstrem mulai angin puting beliung hingga hujan es selama pancaroba di bulan Maret hingga April 2024.-BMKG-

Curah hujan yang lebat menjadi salah satu pemicu bencana hidrometeorologi di antaranya banjir bandang dan tanah longsor.

Karena itu, BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan yang rawan longsor untuk waspada dan berhati-hati.

BACA JUGA: Ronggeng Amen, Warisan Budaya Tak Benda dari Kabupaten Pangandaran

Dwikorita juga mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan selama menghadapi cuaca yang cepat berubah setiap hari.

Selama perubahan musim, cuaca panas dan hujan dapat terjadi silih berganti dengan cepat sehingga dapat memicu gangguan daya tahan tubuh.

Selain itu masyarakat diharapkan menyesuaikan aktivitas di luar ruangan termasuk menggunakan perangkat pelindung diri dari terik matahari atau hujan seperti topi, payung atau jas hujan.

Sementara Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan terdapat beberapa fenomena atmosfer yang terpantau masih cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan yang disertai kilat atau angin kencang di wilayah Indonesia.

BACA JUGA: Seorang Pendaki Gunung Cikuray Kabupaten Garut Tewas Tersambar Petir saat Berteduh dari Hujan

Pertama, aktivitas monsun asia yang masih dominan. Kedua, aktivitas MJO (Madden Jullian Oscillation) pada kuadran 3 atau Samudra Hindia Bagian Timur. MJO diprediksi memasuki wilayah Pesisir Barat Indonesia beberapa pekan ke depan.

Ketiga, adanya aktivitas gelombang atmosfer di sekitar Indonesia bagian Selatan, Tengah dan Timur. Keempat, terbentuk pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di Indonesia Bagian Tengah dan Selatan.

Dia menyebut seluruh fenomena atmosfer tersebut berkontribusi terhadap terjadinya cuaca ekstrem di berbagai belahan bumi Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani saat memasuki pergantian musim, potensi angin puting beliung ikut meningkat.

BACA JUGA: Kota Banjar Digegerkan Temuan Mayat Wanita Tanpa Identitas Terbungkus Kain di Semak-Semak

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat agar selalu meng-update informasi dan peringatan dini cuaca yang dikeluarkan otoritas resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: