Kantor Kelurahan di Kota Tasikmalaya Disegel Warga Akibat Lambatnya Pengisian Lurah Definitif

Kantor Kelurahan di Kota Tasikmalaya Disegel Warga Akibat Lambatnya Pengisian Lurah Definitif

Kantor Kelurahan Cibunigeulis Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya saat disegel warga, kemarin Selasa 6 Februari 2024. istimewa--

Kantor Kelurahan di Kota Tasikmalaya Disegel Warga Akibat Lambatnya Pengisian Lurah Definitif

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - warga Kota Tasikmalaya menyegel kantor Kelurahan Cibunigeulis, Kecamatan Bungursari, kemarin Selasa 6 Februari 2024.

Penyegalan ini sebagai protes terhadap kegagalan eksekutif dalam mengisi posisi lurah secara definitif. Kondisi ini telah berlarut-larut dan memunculkan kegeraman di antara penduduk setempat.

Gun Gun Pahlagunara, Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tasikmalaya angkat bicara soal ini.

BACA JUGA:Peran Saksi di TPS Pemilu 2024 Berbeda, ini yang Dilakukan Bawaslu Kota Banjar

Dia mengklaim bahwa proses pengisian posisi lurah di Cibunigeulis sudah berlangsung cukup lama. Penonaktifan pejabat definitif sebelumnya disebabkan oleh pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh pejabat tersebut.

"Kami telah mengalami kendala dengan penonaktifan pejabat definitif sebelumnya karena adanya hukuman disiplin. Saat ini, proses pengisian tengah berlangsung," ujarnya.

Sementara itu, Wawan Gunawan, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Tasikmalaya menuturkan, pengajuan untuk mengisi posisi lurah secara definitif di Cibunigeulis sudah diajukan sejak lama. 

Namun, proses pengajuan ke pemerintah pusat untuk menggeser pegawai menjadi kendala utama.

BACA JUGA:Kata Mendikbudristek, Jurnalisme Indonesia Berkompetisi dengan Artificial Intelegence

"Pengajuan sudah kami lakukan sejak lama. Namun, kami juga harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk pengisian posisi lainnya. Kami berharap dapat menyelesaikan proses ini secepatnya," tuturnya.

Terkait hal ini, yang menjadi perhatian utama saat ini adalah keluhan dari Petugas Pemungutan Suara (PPS) terkait lokasi kerja mereka untuk Pemilu yang akan datang pada 14 Februari. 

Bencana kebakaran sebelumnya telah menyebabkan fasilitas PPS terbengkalai, sehingga perlu adanya penyiapan ulang agar kegiatan administratif Panitia Pemungutan Suara dapat berjalan lancar.

Akibat dari lambatnya pengisian pejabat definitif lurah di Cibunigeulis, warga setempat telah melakukan penyegelan terhadap kantor kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: