Begini Tips Kabupaten Ciamis yang Sukses Tangani dan Kelola Sampah

Begini Tips Kabupaten Ciamis yang Sukses Tangani dan Kelola Sampah

Petugas kebersihan sedang membuang sampah di TPS sekitar Islamic Center Kabupaten Ciamis, Rabu 31 Januari 2024. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

BACA JUGA:Pantai Batu Karas Pangandaran Jadi Wisata Pantai yang Cocok untuk Surfing, Pantas Ramai Wisatawan Mancanegara

"Mudah tahun ini bisa melakukan pengurangan sampah dibuang ke TPA, dengan target kedepannya masyarakat bisa melakukan daur ulang mencapai 45 persen. Supaya ada pengurangan sampah ke TPA maksimal, TPA Banjaranyar dan TPA Cisaga bisa umurnya masih 20 tahun," harapnya.

Selain itu, Kabupaten Ciamis pun memang masih ada persoalan sampah liar. Tetapi pihaknya pun siap menanganinya. 

Tetapi untuk merubah perilaku paling berat, oleh perlu kerja sama semua pihak dalam melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak buang sampahnya sembarangan. 

"Supaya mengubah perilaku dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena persoalan sampah bukan hanya tugas pemerintah saja, oleh karenanya perlu penanganan tugas bersama," jelasnya.

BACA JUGA:Bagian Belakang Rumah Nenek Aah di Tasikmalaya Rusak Terbawa Longsor Setelah Diguyur Hujan Sejam

Terutama dalam memberitahukan mulai pilah sampah dari rumah, makannya harus dibentuk komunitas peduli lingkungan dan sungai ataupun bank sampah, supaya sampah tidak berceceran di mana-mana. 

"Kita pun sering mengimbau kepada masyarakat agar jangan buang sampah sembarangan, apalagi ke sungai. Terlebih saat ini musim hujan, ketika tersumbat oleh sampah bisa banjir," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: