Budaya Asli Indonesia, Ini Keunikan 3 Batik Khas Jawa Barat, Ada dari Cirebon, Subang dan Bogor

Budaya Asli Indonesia, Ini Keunikan 3 Batik Khas Jawa Barat, Ada dari Cirebon, Subang dan Bogor

Budaya asli Indonesia, ini keunikan 3 batik khas Jawa Barat, ada dari Cirebon, Subang dan Bogor.-budaya-indonesia.org-

Keunikan batik ganasan yaitu menerapkan unsur buah nanas yang menjadi ikon Kota Subang. Oleh karena itu, batik yang berasal Kabupaten Subang ini dinamai sebagai batik ganasan.

BACA JUGA:Cegah Kasus Kekerasan Terhadap Anak, Ini yang Dilakukan Dinsos P3A Kota Banjar

Selain menawarkan keindahan dalam setiap motifnya, batik ganasan ternyata mengandung makna-makna luhur dan filosofis. Nanas yang menjadi motif pada batik ganasan merupakan buah tunggal pada pohon yang memiliki banyak cabang.

Nanas tersebut diartikan bahwa meskipun terdapat banyak perbedaan budaya, bahasa, agama, dan latar belakang masyarakat Kabupaten Subang, tetap memiliki tujuan yang sama.

Untuk diketahui, batik yang berasal dari Subang ini memiliki berbagai macam warna sehingga banyak disukai oleh masyarakat lokal maupun mancanegara.

3. Batik kujang kijang

BACA JUGA:Tiago Pinto: Perpanjangan Kontrak Mourinho akan Dibahas di Tempat yang Tepat dan Pada Waktu yang Tepat

Selanjutnya, batik khas Jawa Barat yang memiliki keunikan pada motifnya yaitu batik kujang kijang. Batik yang berasal dari Bogor ini terinspirasi dari senjata tradisional Jawa Barat yaitu kujang.

Sementara itu, kijang yang terdapat pada motif batik kujang kijang melambangkan ciri khas Kota Bogor atau Kerajaan Pakuan.

Tak hanya batik kujang kijang, Bogor juga memiliki batik yang bermotif bunga teratai yang melambangkan ikon Kebun Raya Bogor. Ada juga motif batik hujan yang melambangkan ciri khas Kota Bogor sebagai kota hujan.

Itulah informasi mengenai keunikan 3 batik khas Jawa Barat yang patut dilestarikan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disparbud jabar