Budaya Asli Indonesia, Ini Keunikan 3 Batik Khas Jawa Barat, Ada dari Cirebon, Subang dan Bogor

Budaya Asli Indonesia, Ini Keunikan 3 Batik Khas Jawa Barat, Ada dari Cirebon, Subang dan Bogor

Budaya asli Indonesia, ini keunikan 3 batik khas Jawa Barat, ada dari Cirebon, Subang dan Bogor.-budaya-indonesia.org-

Budaya Asli Indonesia, Ini Keunikan 3 Batik Khas Jawa Barat, Ada dari Cirebon, Subang dan Bogor

BANDUNG, RADARTASIK.COM - Seni batik menjadi salah satu budaya asli dari Indonesia. Tiap-tiap provinsi memiliki keunikan motif batiknya sendiri, termasuk batik khas Jawa Barat.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai 3 batik khas Jawa Barat yang memiliki keunikan dalam motif, teknik pembuatan, dan warna. Adapun batik khas Jawa Barat yang akan dibahas pada artikel ini yaitu batik yang berasal dari Cirebon, Subang, dan Bogor.

Batik khas Jawa Barat tidak hanya memiliki keunikan dalam motifnya tetapi juga mengandung makna-makna filosofis dan nilai-nilai kebaikan. Seni batik menjadi identitas bangsa yang patut dilestarikan.

Ternyata, motif batik khas Jawa Barat yang mengandung makna-makna luhur dan filosofis itu menjadi daya tarik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi, seni batik telah dikenal hingga ke mancanegara.

BACA JUGA:Pemohon SKCK Membeludak, Warga Rela Ambil Antrean Hari Ini untuk Pendaftaran Besok

Sebagai generasi penerus bangsa, kita seharusnya bangga dan memiliki motivasi untuk melestarikan budaya batik. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai masyarakat Jawa Barat untuk menjaga seni batik di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat.

Daripada penasaran, mari ketahui keunikan 3 batik khas Jawa Barat yang berasal dari Cirebon, Subang, dan Bogor:

1. Batik megamendung

Batik megamendung merupakan seni batik yang menjadi kebanggaan warga Cirebon. Keunikan batik megamendung yaitu motifnya hampir menyerupai bentuk awan yang meliuk-liuk.

BACA JUGA:Ini Biang Kerok Keributan Geng Motor di Singaparna

Batik yang berasal dari pesisir pantai utara Jawa ini memiliki ide motif yang berasal dari penggambaran awan di langit. Jika diperhatikan, penggambaran awan di langit bernuansa biru yang ada pada batik megamendung ini menghadirkan kesan cerah.

Sementara itu, warna hitam yang ada pada batik megamendung melambangkan cuaca mendung. Seni motif batik yang terdapat pada batik megamendung ternyata menjadi daya tarik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

2. Batik ganasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disparbud jabar