Aktivitas 68 Gunung Api Aktif Dipantau 24 Jam, Dua Gunung Berstatus Waspada dan Siaga

Aktivitas 68 Gunung Api Aktif Dipantau 24 Jam, Dua Gunung Berstatus Waspada dan Siaga

PVMBG patau aktivitas 68 gunung api aktif selama 24 jam.-Kementerian ESDM-

Erupsi dapat disertai dengan lontaran material pijar berukuran lapilli sampai bongkah dan hujan abu tebal dengan atau tanpa diikuti aliran awan panas erupsi secara tiba-tiba.

Selain mewaspadai potensi banjir lahar pada sungai yang berhulu di puncak, masyarakat diimbau tetap berada di dalam rumah. Apabila berada di luar rumah disarankan menggunakan pelindung hidung, mulut dan mata berupa masker dan kacamata.

BACA JUGA: Penilaian Bojan Hodak terhadap Debut Stefano Beltrame di Persib Bandung Memunculkan Harapan Besar

Sedangkan Gunung Anak Krakatau yang berada di Lampung, tanggal 5 Desember 2023 pukul 16:25 WIB terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 1.157 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 70 mm dan durasi sekitar 49 detik dan tidak terdengar suara dentuman.

Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level III alias Siaga dengan rekomendasi masyarakat, wisatawan atau pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: