Kabupaten Tasikmalaya Siaga Darurat Hidrometeorologi, Masyarakat Harus Waspadai Hal ini

Kabupaten Tasikmalaya Siaga Darurat Hidrometeorologi, Masyarakat Harus Waspadai Hal ini

Sebuah rumah di Kabupaten Tasikmalaya rusak bagian atapnya diterjang angin kencang dan tertimpa pohon, beberapa waktu lalu. Istimewa--

Kabupaten Tasikmalaya Siaga Darurat Hidrometeorologi, Masyarakat Harus Waspadai Hal ini

TASIKMALAYA, RADARTADIK.COM - Sejak awal Januari 2024 inj, Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto sudah menetapkan siaga darurat hidrometeorologi di Kabupaten Tasikmalaya. 

Penetapan siaga darurat hidrometeorologi tersebut guna mengantisipasi terjadinya berbagai bencana alam.

Sejak awal Januari ini sudah berbagai bencana yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya. Mulai dari longsor, banjir, hingga pohon tumbang yang disebabkan iklim hidrometeorologi tersebut.

BACA JUGA:Segini Tarif Baru Tol CBK 2024 Sepanjang 14 Km, Jangan Kaget

"Yang tercatat hingga kini lebih dari 10 kejadian bencana alam," ujar Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin kepada radartasik.com, Minggu 21 Januari 2024.

"Bahkan hingga hari ini Minggu 21 Januari 2024, lebih dari 7 kejadian pohon tumbang yang disebabkan oleh angin kencang," sambungnya.

Terang dia, untuk mengantisipasi terjadinya bebagai bencana alam yang disebabkan oleh iklim hidrometeorologi ini, Bupati Tasikmalaya sudah menetapkan siaga darurat hidrometeorologi.

"Itu (siaga darurat hidrometeorologi, Red) sudah dituangkan dalam surat edaran bupati, yang sudah diedarkan ke setiap Kecamatan dan desa," terangnya.

BACA JUGA:Raja Pikap 2023, Suzuki New Carry Tembus Angka Penjualan 44.391 Unit, Ini Alasan Logis Konsumen

Nuraedidin menjabarkan, berdasarkan informasi yang diterimanya bahwa iklim hidrometeorologi ini akan berlangsung hingga akhir Februari mendatang.

"Cuaca angin kencang dan hujan deras ditambah sambaran petir ini akan terjadi sampai Februari nanti. Maka masyarakat diimbau waspada," bebernya.

Berbagai upaya, tambah dia, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui BPBD. Selain sosialisasi kesiapsiagaan bencana, juga dilakukan cara mengamati potensi bencana dan lainnya. 

"Tentu sebagai antisipasi melalui sosialisasi terus kita laksanakan kepada masyarakat," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: