Pemkab Ajak Kelompok Sadar Wisata Menata Pariwisata Pangandaran yang Belum Maksimal

Pemkab Ajak Kelompok Sadar Wisata Menata Pariwisata Pangandaran yang Belum Maksimal

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata melantik Kelompok Sadar Wisata, Senin 4 Desember 2023. deny nurdiansyah / radar tasikmalaya--

Pemkab Ajak Kelompok Sadar Wisata Menata Pariwisata Pangandaran yang Belum Maksimal

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM - Sebanyak 48 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Pangandaran resmi dilantik, Senin 4 Desember 2023. Mereka daiajak untuk ikut menata pariwisata Kabupaten Pangandaran.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, Kabupaten Pangandaran memiliku alam yang sangat bagus dan pentaaan yang luar biasa.

"Nah kalau hanya mengandalkan pemerintah untuk menjaga ketertiban, kebersihan dan keindahan, itu tidak akan maksimal. maka diajaklah Kelompok Sadar Wisata ini untuk ikut terlibat," ujar Jeje.

BACA JUGA:Agar Galaxy M34 5G Makin Gacor, Yuk Eksplor Fitur One UI 5.1

Jeje menerangkan, untuk mengatur elemen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan wisata baik itu pedagang, pelaku usaha wisata dan lainya, tidaklah gampang.

"Adanya Kelompok Sadar Wisata ini diharapkan mampu menjaga wisata dengan mengkoordinir semua elemen yang ada dibdalamnya. Sehingga tercipatalah sapta pesona," terangnya.

Ia mengakui bahwa penataan wisata selama ini masih belum maksimal. "Ya kalau saya menyebutnya sudah lumayanlah," katanya.

Dia berharap ada sebuah forum yang didalamnya terdiri dari unsur stakeholder pariwisata, termasuk Pokdarwis ini. 

BACA JUGA:Harga Kawasaki Ninja Model 2024 Termurah Hingga Hypersoprt per Desember 2023

Dengan tujuan untuk mendiskusikan pariwisata Pangandaran kedepanya. "Menimbulkan rasa memiliki terhadap pariwisata Pangandaran itu penting," tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran, Tonton Guntari menuturkan, Kelompok Sadar Wisata adalah inisiasi dari masyarakat.

"Kalau pemerintah hanya mendampingi, dengan melihat potensi yang ada. Nanti kita kolaborasi," tuturnya.

Kata dia, Pemkab Pangandaran dan Kelompok Sadar Wisata sudah memiliki komitmen untuk memajukan pariwisata Pangandaran. "Terutama membangun pariwisata di desanya masing-masing," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: