Cerita Menarik Desa Batulayang Menuju Gelar Best Tourism Village Dunia

Cerita Menarik Desa Batulayang Menuju Gelar Best Tourism Village Dunia

Cerita menarik Desa Batulayang Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor menuju gelar Best Tourism Village Dunia.-Kemenparekraf-

Selain itu, desa ini memprioritaskan pemberdayaan masyarakat dan mendukung produk lokal dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Proses penilaian yang ketat dimulai pada tanggal 6 Juni 2023, saat Desa Batulayang masuk dalam nominasi 47 besar penghargaan UNWTO.

Dilanjutkan dengan tahapan sosialisasi pada tanggal 7 Juni 2023, dan pada tanggal 8-15 Juni 2023, tim pengelola Desa Wisata Batulayang bekerja keras dalam mengisi formulir dan menjawab 12 pertanyaan serta menyusun 200 dokumen dalam bahasa Inggris untuk dikirimkan melalui aplikasi atau website UNWTO.

Proses ini tidak dilalui dengan sendirian, tim pengelola Desa Wisata Batulayang mendapatkan dukungan dari tim Disbudpar Kabupaten Bogor.

BACA JUGA: Formasi dan Jumlah CPNS 2023 Tasikmalaya yang Akan Direkrut Belum Turun dari BKN

Pengumuman pemenang terbaik tingkat dunia akan dilakukan pada 25 Oktober 2023.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Yogi Tri Tugastiyo dengan penuh semangat membagikan cerita menarik perjalanan Desa Batulayang menuju gelar Best Tourism Village Dunia saat diwawancarai oleh Tim Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Bogor pada tanggal 4 Agustus 2023.

Keberhasilan Desa Batulayang ini menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lainnya untuk terus mengembangkan potensi wisata lokal dengan baik, dan berkontribusi dalam memperkenalkan keindahan dan keunikan budaya Indonesia ke seluruh dunia.

Profil Desa Batulayang

Berdasarkan informasi yang terdapat di laman jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Batulayang menawarkan lingkungan dengan kelembapan udara atau suhu yang nyaman, berkisar antara 18 hingga 24 derajat Celsius.

Wilayah desa ini juga berbatasan langsung dengan kawasan hutan lindung, yang menjaga keasrian dan keindahan alamnya.

Desa Batulayang memiliki daya tarik wisata alam yang menakjubkan, di antaranya beberapa air terjun, seperti Curug Kembar dan Curug Asmarandana, yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk beraktivitas relaksasi dan mencari terapi alam untuk beberapa penyakit tertentu.

Selain itu, kualitas udara di kawasan Desa Wisata Batulayang tetap sangat baik, memberikan pengalaman menyegarkan bagi setiap pengunjung.

BACA JUGA: Berkas 26 Bacaleg Tasikmalaya Tidak Memenuhi Syarat, KPU Kasih Deadline Perbaikan Hingga 11 Agustus

Populasi penduduk Desa Batulayang mencapai sekitar 9541 jiwa, dengan rincian 5106 laki-laki dan 4435 perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: