Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana dan Savero Dwipayana Torehkan Rekor Sampaikan Motivasi Kepada 5.000 Peserta

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana dan Savero Dwipayana Torehkan Rekor Sampaikan Motivasi Kepada 5.000 Peserta

Dr Aqua Dwipayana dan Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama staf dengan pose salam bahagia.-Foto: istimewa-

Duet antara bapak dengan anak itu menjadi kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi yang kesekian kali dan sudah sangat sering. Namun, uniknya kali ini duet tersebut di hadapan 5.000 peserta sehingga menjadi rekor tersendiri. 

BACA JUGA:Sirkuit Baru Ujian Praktek SIM Akan Berlaku Mulai 7 Agustus 2023, Kakorlantas: Ada Masukan dari Masyarakat

Sebelumnya, aktivitas serupa selalu menuai atensi besar dari khalayak. Banyak pengalaman menarik serta pesan-pesan bernas dan inspiratif yang disampaikan oleh Dr Aqua Dwipayana yang merupakan penulis buku super best seller "The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi".

Kendati tidak diarahkan, sejak awal Ero, panggilan akrab Savero Karamiveta Dwipayana yang memiliki kepedulian  tinggi sudah menunjukkan talenta luar biasa di bidang komunikasi publik.

Sosok anak muda yang pernah meraih penghargaan Mahasiswa Pegiat Gerakan Kemanusiaan dan Pemberdayaan Masyarakat dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) tersebut juga memiliki spirit pengabdian sosial yang sangat tinggi.

“Saya tidak pernah mengarahkan anak-anak untuk menjadi apapun. Tugas saya hanya menyediakan fasilitas dan pendukung untuk membawa mereka pada tujuan positif dalam kehidupannya. Namun, Alhamdulillah, kedua anak saya termasuk si sulung, Alira Vania Putra Dwipayana, tumbuh sesuai dengan nilai-nilai kepekaan dan kepedulian sosial. Yang utama adalah mereka harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, sehingga keberadaan mereka dirasakan banyak orang,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

BACA JUGA:BMKG Ingatkan Ancaman Tsunami Setinggi 8 -10 Meter di Selatan Jawa

Kiprah perdana komunikasi publik Ero yang sejak awal pandemi sudah menjadi relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 nasional yang saat itu dipimpin Letjen TNI Doni Monardo, dimulai pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di aula serbaguna SMAN 1 Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 2-3 Januari 2020.

Saat ini, Dr Aqua Dwipayana berbagi panggung tampil berbicara di depan sekira 1.500 peserta dengan Ero; wartawan senior, Nurcholis MA Basyari dan Fauzi Akmal. Pesertanya dari kalangan para guru, orangtua murid, dan siswa/I SMA dan SMK se-Bukittinggi.

Ero menunjukkan kematangannya dengan tampil tanpa canggung seolah sudah terbiasa atau seperti bincang-bincang biasa. Tidak heran, di acara “launching” itu, Ero pun langsung tampil sebagai bintang,  tidak kalah dengan bapaknya.

Penampilan di depan khalayak yang lebih luas dan dihadiri kalangan akademisi yang dijalani Ero berlangsung pada 1 Juli 2020. Saat itu, Fikom Unpad yang telah menghasilkan lebih dari 300 doktor Komunikasi (termasuk Dr Aqua Dwipayana), menggelar acara launching Dies Natalis ke-60. Meski dilaksanakan di tengah masih berkecamuknya virus korona jenis baru, COVID-19, kegiatan dies natalis kali ini tidak kalah meriahnya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Inara Rusli Minta Tips Live ke dr Richard Lee

Ero tampil tak kalah impresif dengan bapaknya, Dr Aqua Dwipayana, pada Webinar “Harmoni Mewujudkan Adaptasi Kenormalan Baru dalam Perspektif Komunikasi”. Webinar dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta, baik dari kalangan internal, termasuk para alumni, maupun dari luar Fikom Unpad. Jumlah peserta webinar tersebut tergolong sangat banyak.

Hal itu disebabkan konteks dan kontennya menarik. Ero menjadi pembicara paling muda di luar narasumber lainnya, yakni Dr Aqua Dwipayana; Rektor Universitas Padjadjaran, Prof Dr Rina Indiastuti; dan Letjen TNI, Doni Monardo.

“Penampilan Ero meski menjadi pembicara termuda sangat menarik dan memukau. Saya kira beliau memang mewarisi kompetensi dan keterampilan berkomunikasi dari ayahandanya, Bapak Dr Aqua Dwipayana. Saya yakin Ero akan terus berkembang dan menunjukkan keterampilan dan kompetensi komunikasi yang luar biasa,” ungkap salah seorang dosen senior Fikom Unpad, Dr Siti Karlinah, memberikan apresiasi atas penampilan Ero.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: