Tol Cisumdawu Gratis Selama 3 Pekan, Tol Bocimi Segera Beroperasi

Tol Cisumdawu Gratis Selama 3 Pekan, Tol Bocimi Segera Beroperasi

Tol Cisumdawu gratis selama 3 pekan, Tol Bocimi segera beroperasi.-Instagram@transjabartol-

BACA JUGA: Presiden Jokowi Besok Resmikan Tol Cisumdawu, Terowongan Kembar Ikonnya Gunung Tampomas Riasannya

”Memang banyak ditemukan problem di lapangan, utamanya adalah pembebasan lahan,” ungkap presiden.

Pembangunan jalan tol ini menggunakan anggaran sebesar Rp18,3 triliun dari pemerintah Rp9,07 triliun sisanya dari swasta.

Presiden juga mengatakan saat ini berada di depan Terowongan Kembar dengan panjang mencapai 472 meter. Satu-satunya menjadi terowongan terpanjang pertama di Indonesia.

”Diharapkan dengan beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu ini akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati,” kata dia.

BACA JUGA: Jembatan Baru Penghubung Ciamis Manonjaya Akan Segera Dibangun, Alternatif Dari Jembatan Cirahong

Jokowi mengatakan pembangunan kedua infrastruktur ini dahulunya dikerjakan bersama-sama agar Jalan Tol Cisumdawu selesai dan Bandara Kertajati juga selesai berbarengan.

Tetapi, tambah dia, terhambat karena pembebasan lahan jalan tol yang dimana Bandara Kertajati selesai terlebih dahulu.

”Sehingga kita harapkan setelah Jalan Tol Cisumdawu ini selesai, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajat di bulan Oktober juga sudah dapat operasional secara penuh,” ulasnya.

Jokowi mengatakan Bandara Kertajati juga sudah dimulai dengan penerbangan embarkasi haji di Provinsi Jawa Barat dan beberapa penerbangan yang sudah masuk.

BACA JUGA: Benarkah Kapal Titanic Tenggelam Bukan karena Menabrak Dinding Gunung Es di Samudra Atlantik Utara?

”Saya melihat Bandara Kertajati adalah bandara masa depan, karena saat ini banyak negara luar masuk equity-nya untuk berpartner di Bandara Kertajati, baik untuk pengoperasian dan juga meningkatkan traffic lalu lintas penerbangan yang ada, diharapkan menjadi bandara besar di masa mendatang,” tutur presiden.

Tol Bocimi Segera Beroperasi

Akun Instagram @transjabartol mengunggah Tol Bocimi segera beroperasi. Sebelum dilakukan secara penuh, Jalan Tol Bocimi (Ciawi – Sukabumi) Seksi II Cigombong – Cibadak telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Layak Operasi (ULO) pada tanggal 3 – 4 Juli 2023.

Kegiatan ULF dan ULO yang dilakukan di seksi II Cigombong – Cibadak meliputi uji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan serta aspek keselamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: